Jelang Pilkada Serentak, Kapolda Bali Bagikan 140 Kendaraan Dinas kepada Bhabinkamtibmas

Tribratanews.polri.go.id – Polda Bali – Menjelang Pilkada serentak 2018, Kapolda Bali Irjen Pol. Dr. Petrus Reinhard Golose membagikan 140 unit sepeda motor kepada Bhabinkamtibmas. Penyerahan sepeda motor dilakukan dalam sebuah upacara, dimana Kapolda Bali menyerahkan kunci secara simbolis kepada sembilan personel perwakilan Bhabinkamtibmas Polres se-Bali di halaman depan Mapolda Bali, Selasa (30/1/2018).

WhatsApp Image 2018-01-30 at 16.41.16Dari data yang dihimpun, Polres Buleleng mendapat kendaraan paling banyak dengan jumlah 18 unit. Sementara Polres Bangli dan Karangasem masing-masing mendapat 17 unit serta Polres Badung mendapat 13 unit. Sedangkan Polresta Denpasar, Polres Tabanan, Polres Gianyar, Polres Klungkung dan Polres Jembrana masing-masing mendapat 15 unit kendaraan.

Tidak hanya menerima sepeda motor, Bhabinkamtibmas juga dibekali perlengkapan berupa helm, tas ransel, borgol, tongkat T, megaphone, senter dan jaket parasut. Penyerahan itu disaksikan langsung Wakapolda Bali, Brigjen Pol. Drs. I Gede Alit Widana, S.H., M.Si. dan Pejabat Utama Polda Bali.

Dalam sambutannya Irjen Pol. Dr. Petrus Reinhard Golose mengatakan, penyerahan sepeda motor dinas operasional merupakan bentuk penghargaan, apresiasi dan motivasi dari intitusi kepolisian kepada para Bhabinkamtibmas. Secara keseluruhan jumlah Bhabinkamtibmas di jajaran Polda Bali sebanyak 726 personel, sehingga baru seperlimanya yang mendapat kendaraan operasional baru.

“Kepada anggota Bhabinkamtibmas yang mendapat kendaraan operasional baru, agar kendaraan dan semua perlengkapannya dirawat dengan baik. Gunakan secara bertanggungjawab sesuai fungsi dan peruntukannya. Semoga dengan kendaraan ini, saudara dapat bekerja lebih semangat, tulus dan ikhlas dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat di desa binannya,” pesan Kapolda Bali.

Menurut Kapolda, Bhabinkamtibmas merupakan wujud dari kemitraan Polri dengan masyarakat yang memiliki fungsi dan peranan yang sangat strategis dalam menyelesaikan suatu masalah (problem solving) dan dapat melakukan pencegahan sebelum terjadinya kejahatan (crime prevention), serta dapat melaksanakan penyelesaian masalah yang sifatnya ringan di lingkungan wilayah tugasnya (alternative dispute resolution).

Jenderal bintang dua di pundak ini mengingatkan, saat ini Polda Bali sedang melaksanakan Operasi Mantap Praja Agung dalam rangka pengamanan Pilkada serentak 2018. Kerawanan yang terjadi adalah memanasnya tensi politik yang akan berdampak pada gangguan Kamtibmas.

“Disinilah peran Bhabinkamtibmas untuk menjadi cooling system,” tegasnya.

“Saya minta kepada Bhabinkamtibmas untuk selalu mensosialisasikan Pilkada damai dan memberi imbauan serta mengajak masyarakat untuk tidak mudah terprovokasi oleh berita hoax. Lakukan pemetaan wilayah sehingga potensi konflik tidak berkembang dan segera bisa diatasi. Bhabinkamtibmas agar menjadi agen intelijen untuk memberi early warning and early detection bagi pimpinan,” sambungnya.

Penulis  : I Ketut Bina Wartawan

Editor    : Swanjaya

Publish  : I Putu Suwardhana.M

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password