Tim Mabes Polri Lakukan Asistensi Terkait Pengamanan Pilkada 2018 di Sulawesi Utara

Tribratanews.polri.go.id, Polda Sulut – Tim Asistensi Mabes Polri yang dipimpin Brigjen Pol Alexander Mandalika dan Brigjen Pol Eddy Napitupulu bersama 3 anggotanya menyambangi Polda Sulawesi utara.

Menurut Ketua Tim Asistensi, kunjungan tersebut dalam rangka pantauan kesiapan Polri menghadapi Pemilukada serentak tahun 2018 di Sulawesi Utara.

Pilkada 2018 di Sulawesi Utara ini, terdapat 5 kabupaten dan 1 kota yang akan menggelar pemilihan umum kepala daerah, yaitu Kabupaten Minahasa, Kabupaten Minahasa Tenggara, Kabupaten Sitaro, Kabupaten Talaud, Kabupaten Bolmong Utara dan Kota Kotamobagu.

Sementara itu Kapolda Sulut Irjen Pol Drs. Bambang Waskito saat membuka kegiatan ruang Tribrata, Selasa (30/1/2018) mengatakan bahwa tahun 2018 ini merupakan tahun berlangsungnya pesta demokrasi politik.

“Pelaksanaan pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak tahun 2018 memiliki tingkat kerawanan yang sangat tinggi. hal ini dikarenakan, pada saat yang sama akan dilaksanakan pula tahapan pemilu 2019. Pada kondisi ini, tensi persaingan para pasangan calon untuk mendapatkan simpati masyarakat tentu akan semakin tinggi,” jelas Kapolda.

Kegiatan asistensi menurutnya merupakan salah satu fungsi yang menentukan keberhasilan pelaksanaan tugas Polri. “Melalui kegiatan asistensi, satker pembina (Mabes Polri) dapat melakukan monitoring dan memberikan arahan-arahan guna meningkatkan efektivitas kerja terhadap langkah-langkah persiapan yang sudah dilaksanakan,” katanya.

Kegiatan asistensi juga dilakukan agar pelaksanaan pengamanan yang akan dilakukan oleh jajaran Polda Sulut pada Pilkada 2018 dapat dilaksanakan secara tertata dan profesional.

“Polda Sulut dan jajaran dituntut untuk tidak lengah terhadap berbagai dinamika masyarakat. Kepada satwil dan satker teknis kepolisian, segera lakukan pemetaan terhadap kerawanan-kerawanan sosial yang bersumber dari proses politik maupun sosial kemasyaratakan,” tegas Kapolda.

Dalam kesempatan itu juga hadir seluruh Pejabat Utama Polda Sulut, para Kapolres/ta jajaran dan para Kabag Ops

Penulis: Supri
Editor: Alfian
Publish: Roni

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password