Langkah Nyata Polisi, Bersama Mengawal Pengelolaan Keuangan Desa

3Tribratanews.polri.go.id –  Polres Kediri Kota – Polres Kediri Kota bekerjasama dengan  Pemerintah Kabupaten melakukan pengawalan bersama pengelolaan keuangan desa.

 

Kegiatan ini untuk menindaklanjuti program pemerintah pusat, yang telah dijabarkan oleh Kapolri dalam bentuk pengawalan bersama pengelolaan keuangan desa oleh tiga pilar Kamtibmas,  mulai dari tahap perencanaan sampai dengan tahap evaluasi.

 

 

 

 

 

2Sebagai tindak lanjut Sat Binmas Polres Kediri Kota telah beberapa kali mendampingi desa-desa di wilayah Kabupaten Kediri yang wilayah hukumnya berada di Polres Kediri Kota.

 

Salah satunya di wilayah  Kecamatan Grogol, tiga pilar Kamtibmas tingkat desa yaitu Babinkamtibmas, Babinsa dan kepala desa serta para bendahara desa dan pelaksana teknis kegiatan desa berkumpul untuk mendapat pengarahan, Rabu (18/1).

 

Kasat Binmas Polres Kediri kota AKP Kus Sumardi sebagai narasumber menyampaikan tentang pentingnya pengawalan pengelolaan keuangan desa.

 

Mengingat semakin meningkatnya Dana Desa setiap tahunnya baik untuk pembangunan infrastruktur pemberdayaan masyarakat maupun untuk belanja pegawai.

 

Sehingga diperlukan kesepahaman bahwa mengawal dana desa tidak mungkin dilakukan sendiri sendiri namun berupa collective action.

 

Selain itu semakin besarnya potensi korupsi sampai ke tingkat desa apabila dana desa tidak dikelola sesuai dengan regulasi dan tidak adanya pengawasan dari berbagai elemen.

 

“Diharapkan penggunaan dana desa dapat dipertanggungjawabkan dengan baik mulai dari perencanaan, pelaksanaan, pelaporan dan pertanggungjawaban,” kata AKP Kus Sumardi, SH

 

 

Masyarakat juga diharapkan mendukung dan meningkatkan peran sertanya dalam ikut mengamankan serta mengawasi dana pembangunan desa terutama tiga pilar Kamtibmas.

 

“Sesuai dengan program Kapolri yaitu mengamankan kebijakan pemerintah salah satunya adalah menjadikan tiga pilar sebagai bagian yang tidak terpisahkan dalam pengawasan dana desa dan sebagai mitra dalam pengawalan pengelolaan dana desa,” tambahnya.

 

 

Selain itu kasat Binmas juga menyampaikan sanksi administrasi maupun pidana apabila pengelolaan keuangan desa tidak dilakukan sesuai dengan ketentuan yang ada.

 

Pelaksanaan sosialisasi pengawalan bersama pengelolaan keuangan desa di Kecamatan Grogol merupakan yang keempat kalinya dari 5 kecamatan di Kabupaten Kediri yang masuk wilayah hukum Polres Kediri kota.

 

Pada session tanya jawab banyak peserta yang menanyakan seputar sanksi pidana. Suasana sosialisasi cukup meriah dan para peserta mengikuti dengan sangat antusias.

 

Ada juga peserta yang bertanya tentang sanksi jika terjadi kesalahan administrasi terhadap pengelolaan keuangan desa.

 

Hadir dalam kegiatan sosialisasi tersebut Camat, Danramil dan Kapolsek Grogol serta dari BPMPD Kabupaten Kediri.

 

Kegiatan ini akan dilakukan secara kontinyu agar penggunaan dan pengelolaan keuangan desa bener-bener sesuai dengan harapan pemerintah sebagaimana telah diamanatkan dalam undang-undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang desa

Kegiatan sosialisasi pengamalan bersama pengelolaan keuangan desa berikutnya akan dilakukan di Kecamatan Tarokan. (Humas Polres Kediri Kota | res| aro) Didik

 

“Bersama Menjaga Kamtibmas – KEDIRI MENANG”

#panjalujayati # #RakyatBersamaPOLRI

 

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password