Tingkatkan Kesiapan Pengamanan Pilkada, Polres Talaud Gelar Simulasi TFG

Tribratanews.polri.go.id, Polda Sulawesi Utara – Dalam rangka memantapkan kesiapan pengamanan Pilkada, Polres Talaud menggelar simulasi dengan metode Tactical Floor Game (TFG), Senin (29/01/2018). Kegiatan ini, dipimpin langsung oleh Kapolres Talaud, AKBP M. Denny Situmorang, di Mapolres.

Dikatakan Kapolres, TFG merupakan gambaran awal terhadap situasi di Kabupaten Kepulauan Talaud yang harus membutuhkan penanganan khusus. “Pelatihan TGF dilakukan untuk memberikan gambaran langkah-langkah yang harus dilakukan personel saat pengamanan di lapangan,” ujarnya.

TFG, lanjut Kapolres, merupakan bagian dari skenario untuk mematangkan rencana pengamanan yang telah disusun. “Untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, terkait dengan rencana pelaksanaan pengamanan Pilkada mendatang,” terangnya.

Simulasi TFG juga sebagai bekal kepada para personel pengamanan agar tidak salah dalam menempatkan diri, baik itu yang melaksanakan pengamanan terbuka maupun tertutup, semuanya harus sesuai dengan protap (prosedur tetap).

TFG, sambungnya, adalah salah satu sarana menyamakan persepsi terkait penempatan dan kekuatan personel, tahapan serta cara bertindak termasuk dukungan sarana-prasarana yang akan digunakan bertugas di lapangan.

“Melalui TFG ini, diharapkan bisa meningkatkan kemampuan personel dalam mengamankan sesuatu kegiatan, contohnya Pilkada, yang disesuaikan dengan situasi yang akan dihadapi,” pungkas Kapolres.

Penulis: Michael
Editor: Alfian
Publish: Rony

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password