Aplikasi Sasirangan Kalsel : Antusiasnya Masyarakat Tapin Download Dan Gunakan Aplikasi Sasirangan

Polres Tapin Kalsel_Personil Polres Tapin kian gencar mensosialisasikan aplikasi Sasirangan kepada masyarakat Tapin selasa (30/1/2018) pukul 09.00 wita.

Aplikasi Sasirangan ini merupakan terobosan inovatif dari Bidang Teknologi Informatika Polda Kalsel yang memiliki beberapa keunggulan seperti pengaduan masyarakat, pemohonan SKCK (Surat Keterangan Catatan Kepolisian), permohonan SIM, permohonan perijinan, SP2HP (Surat Pemberitahuan Perkembangan Hasil Penyidikan), DPO (Daftar Pencarian Orang), informasi dan layanan Kepolisian, peta lokasi internatif, tombol darurat, dan permohonan pengawalan dan lainnya.

Aplikasi terpadu dan terintegrasi ini menyediakan berbagai macam layanan kepolisian yang dapat diakses oleh masyarakat secara (online) melalui PC, Laptop, Tablet dan Smartphone dengan cara mengunduh secara gratis di aplikasi Playstore.

Sejumlah fitur yang melengkapi Sasirangan antara lain broadcast atau pesan singkat yang dapat diatur target dan wilayahnya, pesan dapat disampaikan ke seluruh masyarakat, seluruh petugas, maupun tujuan yang spesifik misalnya masyarakat di kabupaten atau petugas di Polres tertentu.

Ada pula fitur penerusan laporan, yaitu laporan masyarakat dan polisi dapat diteruskan dari kesatuan ke kesatuan yang lain, Fitur locator ini untuk melacak posisi orang (masyarakat dan petugas), menemukan identitasnya, dan menemukan posisi kantor polisi terdekat.

WhatsApp Image 2018-01-30 at 08.45.23

Kemudian kemudahan layanan dengan fitur cetak surat laporan, sebuah fitur yang diterapkan di laporan masyarakat, laporan polisi, laporan kehilangan, dan SKCK. Petugas dapat menyunting dan mencetak laporan yang masuk menjadi surat bukti lapor.

Sasirangan juga dilengkapi dengan fitur chat untuk komunikasi langsung pemohon/pelapor dengan admin atau fitur tombol darurat dapat diarahkan pada Polres terdekat selain itu terdapat pula fitur status agar pelapor dapat mengetahui perkembangan penanganan laporannya, seperti ‘dibaca’ ‘diteruskan ke…’, atau sudah ‘diproses’.

Terakhir yakni fitur informasi berbasis peta yang bisa membantu menemukan posisi kantor polisi dilengkapi dengan pejabat, alamat dan nomor teleponnya, kedepannya di dalam aplikasi Sasirangan akan dikembangkan pula untuk pemetaan daerah rawan laka, rawan kecelakaan, posisi rumah sakit, puskesmas, SPBU, dan lainnya.

Kapolres Tapin AKBP Bagus Suseno, S.I.K., M.H. sangat mengapresiasi masyarakat Kabupaten Tapin yang telah mendownload dan menggunakan aplikasi Sasirangan untuk menerima informasi terupdate dari Kepolisian.

“ajak semua keluarga dan kerabat untuk menggunakan aplikasi Sasirangan, aplikasi ini sangat banyak manfaatnya”ungkap Kapolres Tapin Bagus Suseno, S.I.K., M.H.

 

Penulis    : Aguswi

Editor      : Alfian

Publish    : Aguswi

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password