Polsek Kelam Permai Berikan Pengamanan Pada Peresmian Gereja

760af5a4-1a78-4b9c-b09b-25df714b5dbf

 

Tribratanews.polri.go.id, Polda Kalbar – Polres Sintang, Ribuan Umat Katolik Kec. Kelam Permai dan Kec. Dedai penuh antusias dan penuh suka cita dalam Mengikuti Prosesi Peresmian Gereja Katolik St. Martinus pada sabtu (27/1/2018) dan dilanjutkan Pemberkatan nya pada hari minggu (28/1/2018).

Peresmian Gereja St. Martinus Paroki Kelam – Dedai di Kec. Kelam permai tersebut oleh Uskup Sintang Mgr. Samuel Oton Sidin, OFM Cap Didampingi Bupati Sintang Jarot Winarno M.Med, P.H, anggota DPR RI dapil Kalbar Lasarus S.Sos, M.Si, Ketua DPRD Prov. Kalbar M. Kebing, Ketua Presedium Pemuda Katholik Republik Indonesia yang saat ini menjabat Bupati Landak sekaligus Calon Gubernur Kalbar Dr. Carolin Margaret Natasya, Bupati Melawi Panji S.Sos, Ketua DPRD Kab. Sintang Jepray Edward SE. M.Si, Wakil Ketua DPRD Kab. Sintang Terry Ibrahim S.Sos M.Pd, Sekda Kab. Sintang Dra. Yosefa Hasnah M.Si dan Beberapa Anggota DPRD Kab. Sintang Herkulanus Gregorius Bala, Welbertus S.Sos, Hardoyo S.Sos, Kadis Pariwisata Kab. Sintang Dra. Hendrika M.Si, Unsur Forkompinda Kab. Sintang dan Unsur Forkompincam Kec. Kelam Permai, para Kepala Desa, Para Pastor, Bruder, Prater dan Suster serta Todat, Tomas, Toga, Toda serta seluruh undangan dan umat katolik Kelam permai yang hadir sebanyak kurang lebih 1000 orang.

Ketua Panitia Peresmian Gereja Katolik St. Martinus Paroki Kelam – Dedai Ensaing. SPd mengucapkan terima kasih kepada seluruh umat dan undangan, terlebih kepada para donatur yang sudah bersedia membantu dari mulai pembangunan Gereja ini hingga berlangsungnya acara pelaksaan peresmian Gereja kali ini.

Ketua Panitia Pembangunan Gereja St. Martinus Kelam Permai yaitu Sdr. Sanda, melaporkan bahwa bangunan gereja lama yang sudah tidak cukup lagi untuk menampung para umat yang begitu banyak, Sehingga ada gagasan baru untuk membangun gereja baru hingga pada tanggal 4 april 2015 mulai peletakan batu pertama oleh Mgr. Agustinus Agus OFM Cap, pembangunan gereja tersebut dengan kurun waktu 3 tahun lebih hingga hari ini bangunan gereja tersebut dapat diresmikan serta diberkati, kemudian pembangunan gereja tersebut murni menggunakan dana dari umat/masyarakat kemudian bantuan dari Pemerintah Kabupaten Sintang, sebesar Rp.2.536.752.500 rupiah. harapan dengan hadirnya bangunan gereja yang baru ini iman masyarakat semakin bertumbuh.

Pastor paroki St. Martinus Romo salesius Jaratu Pr, menambahkan  berdirinya gedung Gereja dan bangunan Pastoral Paroki Kelam – Dedai adalah berkat dukungan bersama para umat dan donatur yang ada di wilayah kec. Kelam permai serta Pemerintah Kabupaten Sintang dan Provinsi Kalbar, meskipun saat ini masih kekurangan dana terutama sarana dan prasarana gereja masih banyak yang perlu dibangun, seperti Asrama putra/putri, Pagar Gereja, dan penataan halaman lagi.

Selanjutnya saat ini pun masih terbuka untuk para umat maupun para donatur untuk uluran tangan guna mendukung kekurangan dana tersebut, terima kasih kepada seluruh umat dan para donatur yang telah mendukung pembangunan, semoga iman masyarakat semakin hidup dan dapat menjadi berkat terhadap sesama. Harap Romo Salesius Pr.

Uskup Sintang, Mgr. Samuel Oton Sidin OFM. Cap, mengatakan terkait pemberkatan dan peresmian gereja paroki yang baru, dimana bangunan yang begitu megah ini diharapkan dapat membantu kita (umat) semakin beriman, aktif dalam kehidupan menggereja dan menampakkan kerajaan Allah semesta alam dalam kehidupan sehari – hari.

Selamat kepada umat Paroki Kelam – Dedai atas kerja sama yang baik sehingga bangun gereja dan bangunan pastoral paroki dapat berdiri atas dasar iman. jadilah pelaku iman dan pewarta firman kepada umat sekalian sehingga banyak orang mengalami berkat.

Bupati Sintang Jarot Winarno dalam sambutannya mengatakan, bahwa sebagai Pemerintah terus mendorong seluruh umat yang ada di Sintang, agar berbudaya dan beriman. mengenai dukungan dan bantuan yang diberikan oleh Pemerintah Daerah untuk pembangunan sarana ibadah adalah tergantung jumlah.

 

editor : Nanang P

publish : Dikta

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password