Polisi Ikut Lestarikan Adat Istiadat

Tribratanews.Polri.go.id-Polda Kalbar-Polres Sintang-Masyarakat Indonesia adalah masyarakat majemuk dan heterogen dengan keanekaragaman adat, budaya suku,agama dan ras. Hal tersebut tentunya harus tetap terus dijaga dan dipelihara karena sebagai salah satu aset bangsa bukan benda.

Masyarakat adat dayak linoh yang tinggal didesa Nobal Kecamatan Sungai Tebelian tetap melestarikan nilai-nilai adat istiadat dengan tetap melaksanakan ritual/upacara adat pada kegiatan-kegiatan tertentu seperti pada akan memulai bercocok tanam,pernikahan,peletakan batu pertama dan lain sebagainya.

Menyikapi hal tersebut Bhabinkamtibmas yang merupakan ujung tombak pelaksanaan tugas Polri bersentuhan langsung dengan masyarakat dituntut untuk mampu membina masyarakat salah satunya dengan ikut melestarikan nilai-nilai adat istiadat masyarakat.

Seperti yang dilakukan oleh Bhabinkamtibmas Polsek Sungai Tebelian Brigadir Titus,M.Th yang hadir dalam Upacara adat persiapan peletakan batu pertama pembanguan gereja yang terletak di Komplek Paroki ST.Theresia Kecil Desa Nobal. Senin(29/01/2018)

Terlihat Brigadir Titus bersama warga desa Nobal Kec.Sungai Tebelian ikut menyaksikan ritual adat tersebut. Brigadir Titus mengatakan ritual adat tersebut terkandung maksud memohon pertolongan kepada Tuhan YME.

Brigadir Titus yang dikenal ramah oleh warga desa binaannya dan juga menjadi Pendeta disalah satu gereja yang ada di Kecamatan Sungai Tebelian menyampaiakan dalam acara-acara masyarakat dirinya senantiasa hadir dan menyampaikan pesan -pesan Kamtibmas kepada masyarakat.

” Salah satu tujuan menghadiri ritual adat masyarakat adalah membangun hubungan emosional dengan masyarakat sehingga memudahkan dalam melaksanakan pembinaan” jelasnya.

Kanit Binmas Polsek Sungai Tebelian Aiptu Sartono menyampaikan peran dan kehadiran Bhabinkamtibmas ditengah-tengah masyarakat sangat diperlukan dalam rangka memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat dengan mengedepankan prinsip Profesianal,Modern dan Terpercaya.

Penulis : Zian
Editor : Alfian.N/Nanang P
Publish : Hariyanto

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password