Polsek Ogodeide Tolitoli dan Tiga Pilar Pelopori Peralihan Produksi Cap Tikus ke Gula Merah

Tribratanews.polri.go.id – Polda Sulteng, Tolitoli. Maraknya peredaran minuman keras jenis Cap Tikus di Tolitoli membuat pihak Polres Tolitoli gencar melakukan penutupan ke tempat – tempat produksi Cap Tikus.

Para Kapolsek jajaran berinisiatif dan menyarankan pembuatan cap tikus tersebut dialihkan menjadi gula aren atau gula merah, mengingat bahan dasar yang digunakan sama.

Bahan yang digunakan untuk membuat cap tikus sendiri tergolong sangat sederhana, hanya bermodalkan sebuah drum bekas dan beberapa jerigen plastik.

Alhasil saat ingin dialih fungsikan menjadi gula aren, para warga yang sebelumnya memproduksi captikus terkendala dengan alat masak yang tentunya harus bagus untuk menjamin kualitas gula aren yang dihasilkan.

IMG-20180129-WA0035

Dari hal tersebut, 3 pilar yang berada di Kecamatan Ogodeide yaitu TNI, Polri, dan Pemerintah melakukan rapat koordinasi membahas tentang penyulingan cap tikus yang dialih fungsikan menjadi produksi gula aren, Senin, (29/1/2018).

Dalam rapat tersebut dihadiri oleh Kapolsek Ogodeide, Babinsa, Pemerintah Desa, dan tokoh masyarakat.

“Disepakati usulan untuk membantu pengrajin gula merah, dianggarkan sebesar Rp 50.000.000,” ujar Kapolsek Ogodeide, Ipda Joko Raharjo.

Anggaran tersebut nantinya akan digunakan untuk membeli peralatan produksi gula aren, dan keperluan lain untuk menunjang kelancaran proses produksi.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password