Ringankan Beban Hidup Nenek Rasinah, Aiptu Samsu Alam Berikan Bantuan Sembako

Tribratanews.polri.go.id – Polda Sulsel, Sebagai Bhabinkamtibmas di Desa Belapungranga Aiptu Samsu Alam tetap peduli kepada warganya yang tidak mampu untuk saling berbagi.

Kepedulian Aiptu Samsu Alam terhadap warganya yang kurang mampu diwujudkan dengan mendatangi Rumah Nenek Rasinah (71) salah seorang warganya yang selama ini hidup seorang diri dirumah gubuk berbentuk rumah panggung dengan ukuran 4×4 meter persegi berdinding Sen bekas di Dusun Kasimburang Desa Belapungranga Kec.Parangloe Gowa, Minggu (28-01-18).

Kedatangan Aiptu Samsu Alam didampingi warganya ke rumah Nenek Rasinah untuk berbagi tali asih dengan memberi sedikit bantuan sembako untuk membantu meringankan beban hidup yang dialami oleh Nenek Dg Rasinah.

Menurut Bhabinkantibmas Aiptu Samsu Alam bahwa Nenek Rasinah selama ini hidup dengan mencari nafkah membantu warga dikebun memetik hasil panen dengan upah kerja, namun dengan kondisi fisiknya sekarang ini yang mulai sakit-sakitan sehingga tidak lagi bekerja seperti biasa mencari nafkah, ucap Samsu Alam.

Nenek Rasinah terharu dan meneteskan air mata sewaktu menerima sembako dari Aiptu Samsu Alam dan sambil berjamat tangan dan mengatakan “terima kasih banyak nak ” semoga diberikan kesehatan dan reski serta keselamatan selama bertugas, kata Nenek Rasinah. (Tribratanewspolresgowa.com)

Apa yang dilakukan Bhabinkantibmas Aiptu Samsu Alam adalah sebuah bentuk empati Polri kepada masyarakat sekaligus membuktikan keimanan seorang muslim, dari Ibnu ‘Umar radhiyallahu ’anhuma, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :

“Barangsiapa membantu kebutuhan saudaranya, maka Allah Azza wa Jalla senantiasa akan menolongnya. Barangsiapa melapangkan kesulitan orang Muslim, maka Allah akan melapangkan baginya dari salah satu kesempitan di hari Kiamat dan barangsiapa menutupi (aib) orang Muslim, maka Allâh menutupi (aib)nya pada hari Kiamat.” (HR. Bukhari, Muslim, Ahmad, Abu Dawud, at-Tirmidzi, dan Ibnu Hibban)

Sabda Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam (yang maknanya), “Barangsiapa yang melapangkan satu kesusahan dunia dari seorang mukmin, maka Allah melapangkan darinya satu kesusahan di hari Kiamat.”

Karena balasan itu sesuai dengan jenis perbuatan. Hadits-hadits tentang masalah ini banyak sekali, misalnya sabda Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam,

“Sesungguhnya Allah menyayangi hamba-hamba-Nya yang penyayang” (HR. Bukhari, Muslim, Abu Dawud dan lainnya dari Usamah bin Zaid Radhiyallahu anhu).

Seorang Muslim hendaknya berupaya untuk membantu Muslim lainnya. Membantu bisa dengan ilmu, harta, bimbingan, nasehat, saran yang baik, dengan tenaga dan lainnya.

Seorang Muslim hendaknya berupaya menghilangkan kesulitan atau penderitaan Muslim lainnya. Bila seorang Muslim membantu Muslim lainnya dengan ikhlas, maka Allah Azza wa Jalla akan memberikan balasan terbaik yaitu dilepaskan dari kesulitan terbesar dan terberat yaitu kesulitan pada hari Kiamat.

Oleh karena itu, seorang Muslim mestinya tidak bosan membantu sesama Muslim. Semoga Allah Azza wa Jalla akan menghilangkan kesulitan kita pada hari Kiamat.

 

Penulis : Rosdiana

Editor : Alfian

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password