Cungkil Sadel Motor, Maling Ini Bawa Kabur Dua Unit Hp

Tribratanews.polri.go.id – Polda Sulsel, Lagi, jajaran Kepolisian Resor Bone terus mengungkap pelaku pencurian. Terbaru, Gabungan Satuan Reserse Mobile (Resmob) Polres Bone dipimpin Iptu Bambang Supriadi dan Satuan Intelkam Polres Bone dipimpin Ipda Syapriadi meringkus maling handphone (hp) yang beraksi di kota Watampone.

Maling tersebut ditangkap di jalan Husein Jeddawi, Watampone dan diketahui bernama Iswan Rober alias Dirga Bin Ilyas (26) warga jalan Cokrominoto, Kelurahan Macanang, Kecamatan Tanete Riattang Barat, Kabupaten Bone.

Kapolres Bone Akbp Muhammad Kadarislam, melalui Kasat Reskrim Akp Hardjoko mengatakan, pelaku diamankan Minggu (28/1/2018).

“Si pelaku ini sudah dilaporkan korban pada hari itu juga. Dari laporan itu korban mengakui kehilangan dua unit HP-nya yang disimpan di dalam bagasi motor,” kata Hardjoko.

Di hadapan aparat, Iswan Rober mengakui perbuatannya telah mencuri dengan cara mencongkel sadel motor korban yang terparkir dan mengambil satu unit Hp Samsung GTE 1272 dan satu unit Hp Merk Nokia 6 warna hitam dan dompet warna hitam di dalamnya berisi uang tunai sebesar Rp.590.000,- (lima ratus sembilan puluh ribu rupiah) dan surat-surat berupa Stnk,Sim C, ATM dan Kartu BPJS milik korban.

Berkat kerja cepat petugas, barang bukti hasil curian pelaku tersebut belum sempat digunakan maupun dijual yang akhirnya disita Polisi. Selanjutnya digiring ke kantor Polres Bone untuk menjalani proses hukum lebih lanjut. (Husriandi)

Dari maraknya kasus pencurian perlu kita ketahui bahwa seorang melakukan pencurian bukan karena tidak ada faktor atau alasan untuk melakukan perbuatan tersebut. Seorang pencuri dalam melakukan aksinya pun memiliki alasan kenapa dia harus mencuri. Alasan-alasan itu di antaranya adalah :

a.Adanya niat

Jika niat sudah kuat, apa pun bisa dilakukan, kesempatan bisa diciptakan karena memang sudah ada niat kuat untuk melakukan pencurian tersebut. Karena niat memiliki peran peting dalah melakukan tindakan, tidak terkecuali dalam pencurian, jika miat sudah bulat maka rintangan apapun akan tetap dihadapi jika sudah datang waktu yang telah direncanakan.

b.Adanya kesempatan

Hal ini sesungguhnya kurang mendasar dalam hal alasan orang melakukan pencurian, namun hal ini bisa menjadi alsan kenapa oaring melakukan pencurian. Seseorang terkadang tiada niatan pada awalnya untuk mencuri, namun seiring adanya peluang atau kesempata maka niatan untuk mencuri dapat timbul seketika tanpa ada niatan yang terencana sebelumnya.

c.Faktor ekonomi

Hal ini merupakn alasan yang cukup mendasar kenapa orang melakukan pencurian, para pencuri melakukan pencurian biasanya dengan dalih untuk mencari penghasilan untuk menyambung hidup mereka.

d.Kurangnya iman

Pada dasarnya ini adalah alasan yang paling mendasar dari pencurian. Seorang pencuri tidak mungkin memiliki aqidah dan keimanan yang kuat kepada Allah sebagai zat yang mengatur kehidupan di dunia ini. Orang yang aqidah dan keimanan yang kuat sudah pasti ia tidak akan melakukan pencurian walaupun ada kesempatan dan ekonomi yang tidak stabil, bahkan niatan untuk mencuri pun tidak ada dalam benaknya.

Guna meminimlisir terjadinya aksi pencurian tersebut, berbagai upaya yang bisa dilakukan oleh masyarakat antara lain yaitu : (1) Pasang kamera CCTV, (2) Rawat rumah dengan baik, (3) Ada hewan peliharaan, dan memasang tulisan di pagar rumah, “Awas Anjing Galak”, (4) Pastikan rumah selalu dalam kondisi tertutup/terkunci, (5) Pastikan kalender di rumah selalu ‘bersih’, jangan mencoret-coret dengan memberi tanda waktu liburan, waktu bepergian dan lainnya, (6) Simpan koper di tempat tersembunyi, (7) Hafal kondisi terakhir rumah/kantor, (8) jika berhadapan langsung dengan pencuri jangan menyerang!

Perlu diketahui, bahwa jika berhadapan langsung dengan pencuri jangan menyerang! Karena pelaku sudah lebih dulu siaga mempersiapkan serangan balik jika kepergok korbannya, termasuk menyembunyikan senjata di balik pakaiannya.

Tak sedikit jatuh korban nyawa akibat bergulat dengan pencuri. Jika Anda berhadapan langsung dengan si pencuri, segera pecahkan jendela rumah untuk menarik perhatian tetangga atau petugas siskamling. Anda juga bisa melarikan diri lewat jendela dan mengunci pagar rumah agar pencuri tidak bisa kabur.

Penulis : Marwan

Editor : Alfian

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password