Antisipasi Pemberitaan Pilkada Serentak Tahun 2018, Kabid Humas Polda Bali: Hentikan Hoax Dari Sekarang

Tribratanews.polri.go.id – Polda Bali, Usai mengunjungi Radar Bali pada Rabu (24/1/2018) dan Bali Post pada Kamis (25/1), Bid Humas Polda Bali melaksanakan silaturahmi dengan Bali TV dan Denpost, bertempat di Kantor Redaksi Bali TV Gedung Pers Ketut Nadha, Jalan Kebo Iwa No. 63 A, Denpasar Barat, Jumat (26/1). Kunjungan kali ini dipimpin langsung oleh Kabid Humas Polda Bali Kombes Pol. Hengky Widjaja, S.I.K., M.Si.

Kedatangan Kabid Humas Polda Bali yang didampingi Kasubbid Penmas AKBP Ni Made Ayu Kusumadewi, S.H. dan Kaur Kemitraan Subbid Penmas Kompol Ismi Rahayu disambut oleh Pimpinan Redaksi (Pimred) Bali TV Nyoman Sugiarta dan Bagian Iklan dan Sirkulasi Denpost Ketut Budiartha.

Dalam pertemuan, Kombes Pol. Hengky Widjaja, S.I.K., M.Si. menyampaikan bahwa maksud dari kedatangannya adalah untuk bersilaturahmi. Silaturahmi ini akan terus dilakukan untuk menjalin hubungan kerja sama antara Polda Bali dengan media yang ada di Bali. Selain itu, Imbauan dalam rangka menghadapi Pilkada serentak tahun 2018 seperti antisipasi hoax juga disampaikan.

Untuk mengantisipasi hoax, pihak Kepolisian melaksanakan kegiatan preemtif, preventif dan juga penegakan hukum. Pemberitaan ke media itu adalah hak setiap warga. Namun yang disayangkan, kadang pemberitaan itu sifatnya tidak riil atau hoax. “Kita dari Kepolisian mengimbau secara preemtif kepada seluruh masyarakat Bali dan masyarakat umum, untuk tidak menyebarkan informasi yang tidak benar, karena itu dianggap melanggar hukum dan Undang-Undang ITE,” imbau Kabid Humas Polda Bali.

Pihaknya juga berharap, orang tua bisa menyampaikan imbauan tersebut kepada putra putrinya. Begitu juga kepada para Guru, diminta menyampaikan hal tersebut kepada murid-muridnya. Namun, apabila itu tidak bisa dihindari dan masih terjadi, pihaknya sudah ada upaya untuk penegakan hukum. “Polri ada tim cyber yang akan menelusuri berita-berita hoax itu sampai dengan kegiatan penegakan hukum. Kita harapkan itu tidak sampai terjadi. Tetapi, dengan preemtif atau dengan persuasif itu bisa dicegah,” ucapnya.

“Hentikan dari sekarang, sampaikan fakta-fakta apa adanya. Biarkan masyarakat berfikir sendiri. Jadi tidak perlu menyimpulkan atau menyebarkan berita-berita yang tidak benar,” sambungnya.

Lebih lanjut, perwira lulusan Akpol tahun 1993 ini mengungkapkan bahwa untuk saat ini memang ada berita-berita hoax. Berita di dunia maya tidak bisa dibatasi sampai misalnya hanya wilayah Bali. Berita itu muncul dan tugas Polri adalah menelusuri sumbernya dari mana. “Apabila berita yang disampaikan tidak benar, kita memberikan informasi atau stampel hoax di media masa tersebut sambil terus mencari sumbernya itu darimana. Polda Bali tidak bekerja sendiri, tetapi bekerja dengan Polda-Polda lain diseluruh Indonesia bahkan dengan Mabes Polri,” ungkapnya.

Menurut Kombes Pol. Hengky Widjaja, S.I.K., M.Si., hoax tentu ada dampaknya. Hal itu bisa dilihat langsung di media sosial. Disitu ada tanya jawab yang mengarah kepada kemarahan, saling mengancam dan akhirnya tidak fokus dengan beritanya. Kemudian, didalam dunia maya itu kita bisa belajar apa saja yang belum tentu hal itu benar. Terutama yang menyangkut dengan Suku, Agama, Ras dan Antar Golongan (SARA), itu sangat berbahaya terhadap keutuhan NKRI.

“Perlu diingatkan kembali bahwa Negara Kesatuan Republik Indonesia terdiri dari berbagai macam suku, budaya, agama, bahasa dan sebagainya. Nah, itu harus kita rekatkan satu dengan yang lainnya. Jangan dicari perbedaan, tapi carilah kebersamaan. Sumpah pemuda itu sudah harga mati, jangan coba diuraikan lagi,” imbuhnya.

Pada kesempatan tersebut, mantan Kabagbinkar Ro SDM Polda Bali ini juga mengimbau masyarakat untuk menjaga keamanan sehingga pelaksanaan Pilkada dapat berjalan dengan baik. “Pilkada untuk memilih kepala daerah atau pimpinan yang tepat dalam situasi aman. Kami dari Kepolisian akan berjuang semaksimal mungkin bisa mencegah potensi gangguan Kamtibmas sebelum Pilkada dilaksanakan,” imbaunya.

Penulis : Komang Arya

Editor   : Sarjana

Publish : Windyasa

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password