Jumat Seru, Gerakan Peduli ala Polres Trenggalek

Tribratanews.polri.go.id – Polda Jatim – Polres Trenggalek – Selain Safari Jumat, ternyata Polres Trenggalek masih memiliki program unggulan lain yang mungkin bisa menginspirasi siapapun. Masih tak jauh dari aksi humanisme yang memang sudah menjadi ikon Polres Trenggalek, program unggulan ini disebut Jumat Seru.

Apa itu Jumat Seru ? Jumat Seru adalah kependekan dari Jumat Seribu Rupiah. Masing bingung ? Mari kita bahas satu persatu.

Kapolres Trenggalek AKBP Didit Bambang Wibowo S, S.I.K., M.H. melihat bahwa kondisi lingkungan sosial Kabupaten Trenggalek cukup dinamis. Di berbagai tempat masih kerap ditemukan warga yang dari sisi ekonomi membutuhkan bantuan dari orang lain, sedangkan apabila ditinjau dari sisi Kamtibmas cenderung landai dibandingkan dengan kota besar lainnya. Oleh karena itu, terobosan kreatif yang dibuat diupayakan mampu menyentuh masyarakat secara langsung.

Berbagai program unggulan diantaranya Kami Peduli Sesama (KPS), Polantas Berbagi merupakan salah satu dari program yang terkait langsung dengan kondisi sosial ekonomi masyarakat. Namun pendanaan bersifat sporadis, artinya seluruh anggota secara sukarela menyisihkan sebagian rezekinya pada saat dibutuhkan saja dan belum terorganisir dengan baik.

Nah, atas dasar hal tersebut, AKBP Didit menelurkan gagasan baru yang diberi nama Jumat Seribu Rupiah seperti yang sudah dijelaskan diatas. Kegiatannya adalah setiap hari Jumat, anggota dipersilakan sukarela menyisihkan seribu rupiah. Hasil sedekah yang terkumpul akan dikelola oleh Bagsumda Polres Trenggalek untuk disalurkan kepada warga yang membutuhkan.

“Konsep dasarnya adalah gerakan bersedekah. Seribu rupiah seminggu sekali tiap hari Jumat. Lebih dari itu sangat diperbolehkan. Yang penting ikhlas” jelas AKBP Didit.

be25ccb6-9fb7-4dc0-8293-bd1b1cde0d36Masih kata AKBP Didit, sebagai sasaran adalah masyarakat marjinal dan tidak mampu dan anak yatim piatu. Sedangkan bantuan yang diberikan bisa bermacam-macam bergantung jenis kebutuhan yang diperlukan.

“Bisa sembako, kursi roda bagi penyandang disabilitas, bahkan hewan ternak untuk modal usaha juga bisa. Nanti akan disurvei dulu oleh Tim dari Polres Trenggalek bantuan apa yang paling tepat” pungkasnya.

Penulis : Ady / Polres Trenggalek Jatim
Editor : Alfian Nurnas
Publish : Handoko / Polres Trenggalek Jatim

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password