Hadiri Musrenbangdes Bhabinkantibmas Berikan Himbauan

 

Tribaratanews.polri.go.id, Polda Kalbar Polres Kapuas Hulu – Bertempat di gedung pertemuan Desa Malapi Kec. Putussibau Selatan telah dilaksanakan kegiatan rapat penyusunan rancangan RKPDes melalui Musrenbangdes tahun 2018 yang dibuka oleh Kasi Ekbang Kec. Putussibau Selatan Sdr. Saparni, Kamis (25/01/2018).

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Kades Ds. Malapi, TA. PMD  Kabupaten M. TAUFIK HIDAYAT, SP, Pendamping Kecamatan EMELIA SARI, SE, Pendamping Desa (SARIFAH SAEDAH), PPL Pertanian (IIS PUJIATI), PPL Kehutanan  (ESTI NENG PUJI), Bhabinkamtibmas Ds.Malapi (Brigadir SUSANTO), Babinsa Ds.Malapi (Kopda YANTORIUS), Sekdes Malapi (Y.SIDAR), Tumenggung Ds.Malapi (S.MALONG), Kepala Sekolah / yang mewakili SMP 13, SD 12, SD14 dan SD 27 Pts,Kadus, Ketua Rt, todat, toga dan tomas Ds.Malapi. yang berjumlah kurang lebih  67 orang.

Dalam Sambutannya Kepala Desa Malapi SEKUNDUS L MARING mengatakan bahwa giat Musrenbang tersebut dilaksanakan untuk perencanaan pembangunan melalui dana desa tahun 2018 dan pengusulan rencana pembangunan melalui dana APBD dan APBN tahun 2019 dan dalam tema Musrenbang Desa malapi adalah ” Peningkatan Pertumbuhan Ekonomi Desa Malapi Pembangunan Infrastruktur dan Instansi utk mempercepat Terwujudnya Masyarakat Desa yg Aman, Sehat, Cerdas dan Sejahtera.”

Kasi Ekbang SAPARNI yang mewakili Camat dalam kata sambutanya mengatakan, bahwa Pihak Kecamatan sangat berharap Kepala Desa Malapi dapat merumuskan kegiatan pembangunan tahun 2019 yang disenergikan dengan perioritas Pembangunan Kabupaten Kapuas Hulu tahun 2019 antara lain yaitu Sektor Pendidikan (Kwalitas dan SDM), Sektor Inprastruktur, Sektor Kesehatan, Sektor ekonomi unggulan Daerah, Sektor Industri dan Perdagangan Sektor Pariwisata, ujarnya.

Masih dalam sambutannya, adapun jumlah Daftar usulan giat Musdes Malapi 2017 tentang perencanaan desa tahun anggaran 2018 antara lain yaitu Bidang penyelenggaraan pemerintah Desa (ADD) sebesar : Rp. 344.689.000,-, Bidang pembangunan Desa (DD) Sebesar Rp 758.093.000, Bagi hasil pajak (BHP) dan retribusi sebesar : Rp. 3.909.000,- dan Jumlah keseluruhan : Rp. 1.106.691.000,-

Pada kesempatan tersebut Bhabinkamtibmas Brigadir Susanto memberikan himbauan, bahwa dalam giat musrenbang semua harus mengusulkan rencana pembangunan secara bijak karena maksud dilaksanakanya musdes adalah wadah dimana para kepala dusun, Rt dan para Kepala Sekolah dan masyarakat dpt menyampaikan hasil musdes dan usulan pembangunan sekala perioritas yang telah disepakati bersama dan di harapkan untuk giat Musdes ini dapat menampung usulan tersebut dengan merumuskan dengan menyesuaikan manfaat dan keperluan pembangunan dengan sumber daya alam yang ada di desa Malapi dan
Dengan adanya Daftar usulan tentang perencanaan desa tahun anggaran 2018 diharapkan tidak adanya penyelewengan dalam penggunaan anggaran dan melaporkan apabila menemukan penyelewengan dalam penggunaan Dana Desa, ujar Brigadir Susanto.

Selanjutnya, saya mengajak kepada semua lapisan baik Aparat Desa, Adat dan masyarakat bersama pihak Kepolisian agar mengawasi realisasi pembangunan di Desa agar tidak terjadi kesalahan dan adanya  penyelewengan anggaran Desa karena ini semua untuk kemajuan desa kita desa Malapi, tambah Brigadir Susanto.

Penulis : Henri
Editor   : Alfian N/Nanang Purnomo
Publish : Dikta

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password