Pelatihan Peningkatan Kapasitas Lembaga Masyarakat dan Aparatur Kampung Distrik Torere

Tribratanews.papua.polri.go.id Polres Puncak Jaya, Mulia – Kegiatan Binmas Kampung ATM Polres Puncak Jaya dilaksanakan dengan Pelatihan Peningkatan Kapasitas Lembaga Masyarakat dan Aparatur Kampung distrik Torere di aula Gidi distrik Mulia, Kamis (25/01.2018) siang.

Kegiatan ini dipimpin oleh Kasat Binmas Polres Puncak Jaya AKP Willy Ansiga bersama 2 anggota Binmas serta 1 Anggota Intel dan akan diberikan materi untuk Dana Desa yang mana akan di jelaskan oleh tiap tiap ketua.

Ketua BPMK Yaya Wonorengga mengungkapkan, dalam penganggaran Dana Desa 2018 ini sudah ada MOU dari Polri dan KPK menyangkut dana desa ini. Kepala kampung mempunyai hak penuh untuk melaksanakan tugasnya sebagai kepala kampung dan uang yang sudah diterima tolong digunakan dengan baik karena program pemerintah ini akan berjalan terus.

“Kami berharap Kepala Kampung dapat mengikuti sosialisai ini selama 1 hari dengan baik. Karena yang kami mau lihat ini adalah perkembangan kemajuan dari kampung,” pungkas Yaya.

Pelatihan Peningkatan Kapasitas Lembaga Masyarakat dan Aparatur Kampung Distrik Torere-

Sementara itu, Kasat Binmas AKP Willy Ansiga mengungkapkan, dana desa ini bukan hanya berlaku di Puncak Jaya tapi seluruh Indonesia dan dari pihak Kepolisian berperan sebagai penegakkan hukum apabila terdapat penyalah gunaan dana desa.

“Kami dari kepolisian sudah banyak mendapat pengaduan masalah penyalahgunaan dana desa dan kami sudah mengambil semua data rata-rata banyak terjadi penyalah gunan desa. Kemarin waktu kepala kampung pada saat mau meniggalkan Mulia dikejar-kejar oleh masyarakat karena utang piutang. itu sudah termaksud pidana karena sudah penyelewengan, jadi saya minta khusus untuk Distrik Torere jangan menyalah gunakan,” tutur AKP Willy.

Kasat Binmas juga mengingatkan bahwa apabila pada pembagian dana desa pertama dan kedua tidak digunakan sebagaimana mestinya maka kepala kampung siap-siap untuk diperiksa, karena Kepolisan akan mengambil tindakan dan sikap tegas karena uang yang dipake ini adalah uang rakyat.

“Apabila ada aparat TNI dan Polri yang meminta untuk kepentinngan pribadi maka segera laporkan kerena itu termaksud gratifikasi dan melanggar aturan. Satu pesan saya, keberhasilan kampung berada di tangan Kepala Kampung sendiri,” tutup Kasat Binmas Polres Puncak Jaya AKP Willy Ansiga.

Penulis: Balli Humas Res Puncak Jaya

Editor: Sosra Papua

Publisher: Rei

Admin Polri54021 Posts

tribratanews.polri.go.id "Portal Berita Resmi Polri : Obyektif - Dipercaya - Patisipatif"

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password