Kapolres Indragiri hilir Buka Latihan Pra Operasi Mantap Praja Muara Takus – 2018

Tribratanews.polri.go.id – Polres Indragiri hilirKepolisian Resor Indragiri Hilir menggelar Latihan Pra Operasi Mantap Praja Muara Takus – 2018 di aula Bhakti rekonfu Polres Inhil, pukul 09.00 Wib, Kamis (25/01/2018). Operasi Kepolisian dengan sandi “Mantap Praja Muara Takus – 2018” bertujuan untuk memastikan penyelenggaraan Pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur Riau serta Bupati dan Wakil Bupati Indragiri hilir Tahun 2018 berjalan lancar dan tertib.

Latihan Pra Operasi ini langsung dibuka oleh Kapolres Indragiri Hilir AKBP Christian Rony, S.I.K, M.H didampingi oleh Ketua KPUD yang diwakili oleh Komisioner KPUD Nahrawi, S.Ag dan Ketua Panwaslu Andang Yudiantoro, S.H, M.H. Kegiatan tersebut juga turut dihadiri sejumlah personel yang terlibat kedalam surat perintah pelaksanaan Latihan pra Operasi. Selain pejabat operasi, Kapolsek jajaran Polres Indragiri Hilir turut hadir dalam pembukaaan latihan tersebut.

Dalam sambutannya Kapolres Inhil mengatakan bahwa Latihan Pra Operasi ini sangat penting untuk memberikan gambaran tentang pelaksanaan dalam pengamanan Pilkada 2018. Kapolres Inhil juga mengajak dan menghimbau kepada Kapolsek agar memperkuat soliditas dan sinergitas dengan stakeholder terkait.

“Terima kasih kepada Komisioner KPUD dan Panwaslu yang hadir hari ini, saya berharap bisa memberi pencerahan kepada anggota Polres Indragiri Hilir dan juga kepada narasumber internal atau masing-masing Kasatgas diharapkan bisa memberikan materi – materi menyangkut pilkada,” ucap Kapolres saat membuka Latihan Pra Operasi.

“Ikuti dengan sungguh-sungguh serta simak setiap materi yang disampaikan, agar apa yang menjadi target operasi, bisa kita capai lebih optimal,”pesan AKBP Christian Rony, S.I.K, M.H menutup sambutannya.

Selanjutnya Komisioner KPUD menyampaikan bahwa saat ini KPUD sedang melaksanakan tahap coklit (pencocokan dan penelitian). Sumber data pemilih berbasiskan E-KTP dan KK. KPUD Kab. Inhil sangat konsern menyelesaikan data pemilih untuk pilkada ini, karena akan berpengaruh pada saat pelaksanaan Pileg dan Pilpres.

Kemudian Ketua Panwaslu dalam sesi selanjutnya menyampaikan bahwa kewenangan Panwaslu diatur dalam UU No. 10 tahun 2016 tentang tugas dan wewenang Panwaslu. Objek panwaslu adalah penyelenggara KPUD, Peserta dan tahapan pelaksanaan. Ditambahkan Ketua Panwaslu, dia berharap agar anggota Polri tidak pasif apabila menemukan adanya tindak pidana pemilu dan segera melaporkan kepada Panwas setempat untuk ditindaklanjuti.

Dalam latihan ini, materi pelatihan disampaikan oleh Kabag Ops Polres Indragiri Hilir KOMPOL Maison, S.H, yang menyampaikan paparan tentang pelaksanaan pengamanan tahapan – tahapan Pilkada Serentak Tahun 2018. Semua tahapan pilkada akan mendapat pengamanan dari personel Polres Indragiri Hilir. Selain itu, dalam waktu dekat ini, Polres Inhil juga akan melaksanakan Simulasi Sispam Kota yang akan mengikutsertakan Personel Brimob Polda Riau.

Usai memberikan materi secara teori, Kabag Ops Polres Indragiri Hilir melanjutkan latihan secara praktik. Latihan ini dilakukan untuk memberikan gambaran faktual tentang kondisi di TPS (Tempat Pemungutan Suara) dan tugas personel dalam melaksanakan pengamanan.

Dalam penjelasannya, Kabag Ops mengatakan simulasi ini dilakukan untuk melatih kesiagaan ratusan personel Polres Indragiri Hilir yang akan bertugas mengamankan 1.579 TPS yang tersebar di Kabupaten Indragiri hilir.

Penulis : Rio Fernando Sinaga

Editor : Alvian Nur

Publish : Rio Fernando Sinaga

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password