Lihat Kakek Tuna Netra Kesulitan Dijalan, Bhabinkamtibmas Ini Berikan Bantuan dan Santunan

Tribratanews.polri.go.id – Polda Sulsel, Bhabinkamtibmas Kelurahan Kale Bajeng Kec. Bajeng, Bripka Nurdin Conang saat melaksanakan patroli sekitaran pemukiman warga dikelurahan Kale Bajeng Kec. Bajeng, Rabu (24/1/2018), Pukul 08.00 wita.

Selagi melaksanakan patroli, Bhabinkamtibmas melihat Bapak Badang Dg Siriwa (65) yang sedang duduk ditepi jalan dengan tangannya meraba-raba karena tidak bisa melihat (Tuna Netra).

Melihat kejadian itu Bhabinkamtibmas langsung menghampiri Bapak Badang Dg Siriwa, dan saat di tanya mengaku tinggal di Kp. Majannang Kel. Kale Bajeng Kec Bajeng Kab. Gowa kemudian menuntunnya dan mengantarkan pulang kerumah.

Disela perbincangan antara Bhabinkamtibmas dengan Bapak Badang Dg Siriwa, menjelaskan bahwa dia hidup sebatang kara yang sehari-harinya hidup mendapatkan Belas Kasih dari tetangga dan keluarga terdekatnya.

Bapak Badang Dg Siriwa juga menjelaskan bahwa dirinya mengalami kebutaan sejak berumur 10 tahun sampai sekarang, yang mana saat itu terkena penyakit cacar yang mengakibatkan Kebutaan pada kedua matanya dan sejak ditinggal orang tuannya sekitar tahun 80 an tidak pernah terdaftar sebagai orang tidak mampu karna dibuktikan sejak terkena penyakit tidak pernah memegang kartu BPJS atau KIS .

Dengan kedatangan Bhabinkamtibmas dia dan warga setempat merasa senang karna ada yang merasa peduli dan memperhatikan, Kemudian Bhabinkamtibmas memberikan Tali Asih, walaupun tidak seberapa nilainya, yang jelas Bapak Badang Dg Siriwa, merasa Bahagia ada yang peduli atas nasib yang dialaminya dan sempat juga menjelaskan bahwa sejak dia tinggal dengan kondisi seperti ini, baru kali ini ada yang kunjungi yakni aparat Kepolisian.

“Insya Allah kami sebagai Bhabinkamtibmas akan tetap Berkoordinasi dengan aparat yang berwenang,” Ucap Bripka Nurdin Conang.

Meskipun tak seberapa santunan yang diberikan Bripka Nurdin Conang namun hal ini akan membekas pada hati warga, hal ini juga merupakan bukti empati Polri kepada masyarakat sekaligus membuktikan keimanan seorang muslim, dari Ibnu ‘Umar radhiyallahu ’anhuma, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :

“Barangsiapa membantu kebutuhan saudaranya, maka Allah Azza wa Jalla senantiasa akan menolongnya. Barangsiapa melapangkan kesulitan orang Muslim, maka Allah akan melapangkan baginya dari salah satu kesempitan di hari Kiamat dan barangsiapa menutupi (aib) orang Muslim, maka Allâh menutupi (aib)nya pada hari Kiamat.” (HR. Bukhari, Muslim, Ahmad, Abu Dawud, at-Tirmidzi, dan Ibnu Hibban)

Sabda Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam (yang maknanya), “Barangsiapa yang melapangkan satu kesusahan dunia dari seorang mukmin, maka Allah melapangkan darinya satu kesusahan di hari Kiamat.”

Karena balasan itu sesuai dengan jenis perbuatan. Hadits-hadits tentang masalah ini banyak sekali, misalnya sabda Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam,

“Sesungguhnya Allah menyayangi hamba-hamba-Nya yang penyayang” (HR. Bukhari, Muslim, Abu Dawud dan lainnya dari Usamah bin Zaid Radhiyallahu anhu).

Seorang Muslim hendaknya berupaya untuk membantu Muslim lainnya. Membantu bisa dengan ilmu, harta, bimbingan, nasehat, saran yang baik, dengan tenaga dan lainnya.

Seorang Muslim hendaknya berupaya menghilangkan kesulitan atau penderitaan Muslim lainnya. Bila seorang Muslim membantu Muslim lainnya dengan ikhlas, maka Allah Azza wa Jalla akan memberikan balasan terbaik yaitu dilepaskan dari kesulitan terbesar dan terberat yaitu kesulitan pada hari Kiamat.

Oleh karena itu, seorang Muslim mestinya tidak bosan membantu sesama Muslim. Semoga Allah Azza wa Jalla akan menghilangkan kesulitan kita pada hari Kiamat.

Penulis : Sumarwan

Editor : Alfian

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password