Pengungkapan Kasus Tindak Pidana Obyek Jaminan Fidusia dan Penggunaan STNK Palsu

Tribratanews.polri.go.id – Polda Metro Jaya, Rabu (24/1/2018) Rabu, 24 Januari 2018, Pukul 15.30. WIB bertempat di Kantor Subdit 6/Ranmor Dit Reskrimum Polda Metro Jaya telah dilaksanakan Konferensi Pers terkait keberhasilan Tim gabungan  Subdit 6 / Ranmor Ditreskrimum Polda Metro Jaya dan Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya dalam mengungkap kasus tindak pidana obyek Jaminan Fidusia dan penggunaan STNK Palsu.Konferensi Pers dipimpin oleh Kasubbid Penmas Bid Humas Polda Metro Jaya, didampingi Wadir Reskrimum Polda Metro Jaya dan Kasubdit 6 / Ranmor Dit Reskrimum.

Tim gabungan telah berhasil mengamankan barang bukti berupa kendaraan roda 4 sebanyak 35 (tiga puluh lima) unit dan STNK palsu sebanyak 2 (dua) lembar.

Modus operandi yang dilakukan oleh para pelaku kejahatan tindak pidana kendaraan bermotor obyek Jaminan Fidusia dengan cara pelaku menawarkan kepada calon pembeli (korban) kendaraan menggunakan STNK Palsu, awalnya dengan harga yang sesuai dengan harga pasar. Dengan alasan bisa dibayar separuh harga dulu,  BPKB akan diberikan apabila sudah lunas.  Setelah terima uang dari korban, pelaku sudah tidak dapat dihubungi lagi dan korban baru menyadari menjadi korban penipuan dari mobil bermasalah, ketika STNK disita oleh Polisi.

Akibat perbuatannya pelaku dikenakan pasal 263 KUHP, pasal 480 KUHP, pasal 481 KUHP, UU Nomor 42 tahun 1999 tentang Jaminan Fidusia.

Penulis : Fitro

Editor : Alfian

Publish : Fitri

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password