Gelar Rakor Eksternal, Polres Inhil Bicara Kesiapan Pengamanan Pilkada 2018

Tribratanews.polri.go.id – Polres Indragiri hilirKepolisian Resor Indragiri hilir menggelar Rapat Koordinasi Eksternal dalam rangka Operasi Mantap Praja Muara Takus – 2018 membahas kesiapan Polres Inhil mengamankan pesta demokrasi di Kabupaten Indragiri hilir. Rapat tersebut disejalankan dengan Rapat awal desk Pilkada Kabupaten Indragiri hilir serta sosialisasi Netralitas ASN dalam Pilkada serentak Tahun 2018. Kegiatan tersebut dilaksanakan di aula lantai 5 Kantor Bupati Indragiri hilir, Jl. Akasia No.1, Tembilahan, Rabu (24/01/2018)

Berbagai persiapan pengamanan mulai dilakukan Kepolisian Resor Indragiri hilir menjelang Pilkada di Kabupaten Indragiri hilir. Hal itu dipaparkan oleh Kabag Ops Polres Inhil KOMPOL Maison, S.H yang menyampaikan paparan tentang pelaksanaan pengamanan tahapan – tahapan Pilkada Serentak Tahun 2018. Semua tahapan pilkada, akan mendapat pengamanan dari personel Polres Indragiri Hilir yang didukung oleh personel Kodim 0314/Indragiri Hilir.
Dalam sambutannya Kapolres Inhil AKBP Christian Rony, S.I.K, M.H menyampaikan bahwa rapat koordinasi eksternal ini adalah untuk memberikan gambaran tentang berbagai hal yang sudah dilaksanakan oleh Polres Indragiri Hilir, dalam tahapan – tahapan Pilkada serentak 2018. Saat ini Polres telah menempatkan personel pengamanan di Kantor KPUD dan Panwaslu, serta pengamanan melekat bagi pasangan bakal calon, termasuk semua Komisioner KPUD dan Panwaslu.
Ditambahkan Kapolres Inhil bahwa sampai saat ini pihaknya telah melakukan beberapa tahapan operasi yaitu telah melaksanakan gelar pasukan Operasi Mantap Praja Muara Takus – 2018 dan melaksanakan Rapat internal. Kemudian beberapa persiapan pengamanan yang dilakukan yaitu menyiapkan pengawalan pribadi kepada masing-masing paslon, menempatkan personel pengamanan di Kantor KPU dan Kantor Panwaslu serta menyiapkan Pasukan Dalmas.
Kapolres Inhil menilai untuk melakukan upaya antisipasi, beberapa hari mendatang Polres Inhil akan melaksanakan Simulasi Sistem Pengamanan Kota, agar Seluruh personel yang nantinya melaksanakan pengamanan Pilkada dapat  memahami Tugas Pokok dan Fungsi serta Perannya Masing-masing.
Dalam sambutan Bupati Indragiri hilir, yang disampaikan oleh Asisten, berkaitan dengan Netralitas ASN dalam Pilkada serentak Tahun 2018 menyatakan bahwa ASN di Kabupaten Indragiri Hilir, harus tetap menjaga netralitas. Untuk itu diingatkan kepada seluruh pimpinan Organisasi Perangkat Daerah dan Camat se-Kabupaten Indragiri Hilir, agar bisa mengingatkan tentang hal tersebut kepada jajarannya.
Senada dengan Kapolres Inhil, Dandim 0314/Inhil juga mengajak semua pihak untuk ikut membantu TNI – Polri dalam pengamanan Pilkada serentak. Bersamaan dengan pengamanan yang dilakukan Polres Indragiri Hilir. Saat ini Kodim 0314/Inhil juga telah melaksanakan patroli rutin di Kantor KPUD dan Panwaslu, mendukung pengamanan yang sudah dilakukan Polres Indragiri Hilir. Selain itu, Dandim juga mengingatkan kepada semua elemen masyarakat, untuk bijak dalam mengunakan media sosial.
Penandatanganan komitmen bersama netralitas ASN Kabupaten Indragiri hilir pada pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur serta Bupati dan Wakil Bupati Indragiri hilir 2018. Begitu juga dengan pemilu anggota Legislatif, Presiden dan wakil presiden tahun 2019 mengakhiri kegiatan tersebut.
Penulis : Rio Fernando Sinaga
Editor : Alvian Nur

Publish : Rio Fernando Sinaga

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password