Antisipasi Kerawanan Pilkada 2018, Ini Upaya Polres Inhil

Tribratanews.polri.go.id – Polres Indragiri hilir – Polresinhil.com – Kepolisian Resor Indragiri hilir rutin melaksanakan latihan Dalmas (Pengendali Massa). Kegiatan ini dilakukan untuk meningkatkan kemampuan anggota dan upaya kesiapan Polres Inhil dalam pelaksanaan Pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur Riau serta Bupati dan Wakil Bupati Indragiri hilir tahun 2018. Latihan tersebut dilaksanakan di lapangan apel Mapolres Inhil, Rabu (24/01/2018).

Dalam latihan ini, personel Polres Inhil yang mengikuti latihan dalmas secara langsung dipantau oleh Kapolres Inhil AKBP Christian Rony, S.I.K, M.H didampingi Kabag Ops KOMPOL Maison, S.H dan Kasat Sabhara AKP Sutono HS. Mereka berlatih dengan menggunakan pola Dalmas awal. Apabila kondisi tidak memungkinkan, akan dilanjutkan ke Dalmas lanjut dengan mengenakan perlengkapan Tameng, Gas Masker (caneste), pelindung kaki dan tangan, pemadam api, senjata laras licin (Gas Gun), tongkat dalmas maupun kendaraan-kendaran pengurai massa dan pengendali massa.

Menurut Kabag Ops Polres Inhil KOMPOL Maison, S.H selaku Kepala Pengendali dalam operasi Mantap Praja Muara Takus – 2018 bahwa personel Polres Inhil menggelar latihan Dalmas setiap hari selasa, kamis dan sabtu. Hal ini dilakukan, agar personel selalu siap dengan situasi di lapangan, mahir menggunakan peralatan dalmas dan menguasai  formasi – formasi dalmas.

Dia menilai bahwa menjelang Pilkada ini, kemungkinan suhu politik akan memanas. Eskalasi diperkirakan akan terus meningkat. Beberapa upaya antisipasi maupun langkah-langkah telah dilakukan Polres Inhil untuk menyikapi Potensi Kerawanan dalam Pilkada 2018. Sehingga stabilitas politik dan keamanan tetap terjaga.

“Upaya antisipasi lainnya, selain latihan Dalmas, Polres Inhil juga sudah melakukan deteksi dini dan secara berkesimbungan melakukan pengkajian terhadap setiap perkembangan yang terjadi ditengah – tengah masyarakat yang disinyalir dapat menimbulkan konflik vertikal maupun konflik horizontal,” tambah KOMPOL Maison, S.H saat di konfirmasi, usai memberikan arahan kepada personel pleton dalmas.

Dilanjutkan Kabag Ops bahwa Polres Inhil juga telah menyusun rencana Operasi Mantap Praja Muara Takus – 2018 dan menempatkan sejumlah personel pengamanan terhadap orang, benda, tempat atau lokasi dan kegiatan yang berkaitan dengan rangkaian Pilkada 2018 di Kabupaten Indragiri hilir. Pemetaan-pemetaan terhadap kerawanan sosial yang bersumber dari proses politik juga terus dilakukan.

“Kita berharap pelaksanaan Pilkada 2018 ini berlangsung aman, kondusif dan damai,” pungkas Kepala pengendali Operasi Mantap Praja Muara Takus – 2018 ini.

Penulis : Rio Fernando Sinaga

Editor : Alvian Nur

Publish : Rio Fernando Sinaga

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password