Open House, Ditlantas Polda Bali Terima Kunjungan Puluhan Murid SD

Tribratanews.polri.go.id – Polda Bali, Pendidikan keselamatan dan sosialisasi harus dilakukan secara terus menerus untuk mengubah persepsi dan pandangan masyarakat tentang pentingnya berperilaku selamat di jalan. Penanaman nilai-nilai keselamatan jalan harus dimulai sejak usia dini untuk menumbuhkan semangat disiplin berlalu lintas sehingga nilai-nilai tersebut dapat menjadi nilai-nilai kehidupan.

Hal ini yang diterapkan Subdit Dikyasa Direktorat Lalu Lintas Polda Bali dalam mengembangkan pembinaan etika, budaya, dan sopan santun berlalu lintas. Sebanyak 45 orang anak-anak kelas 1 SD Petra Berkat didampingi tiga orang guru yang dipimpin Ari Dwi Jayanti mendatangi Kantor Ditlantas Polda Bali, Selasa (23/1/2018).

Dalam kesempatan itu mereka diberikan pengetahuan tentang tata tertib dan budaya lalu lintas dengan cara bernyanyi bersama dan mengenal rambu-rambu lalu lintas. Kemudian mereka diajak melihat ruangan RTMC (Regional Traffic Management Center) untuk memperkenalkan tugas-tugas polisi lalu lintas saat melakukan manajemen lalu lintas.

Kasubdit Dikyasa Ditlantas Polda Bali, AKBP Drs. I Nyoman Sukasena mengatakan pentingnya pendidikan berlalu lintas sejak usia dini. Kedatangan murid-murid SD Petra Berkat merupakan salah satu program Ditlantas Polda Bali yang bernama “Open House”, artinya Ditlantas Polda Bali siap menerima siapa saja yang ingin belajar tentang pengetahuan dan tugas-tugas Polantas.

“Pembinaan sadar etika dan budaya berlalu-lintas perlu diberikan sejak dini. Melalui program ini, diharapkan lima tahun ke depan kesadaran mereka menjaga keamanan dan keselamatan berlalu lintas sudah membudaya,” kata AKBP Drs. I Nyoman Sukasena.

Terpisah Dirlantas Polda Bali Kombes Pol. Anak Agung Made Sudana saat dikonfirmasi kembali menegaskan bahwa edukasi keselamatan dan ketertiban berlalu lintas sangat penting diberikan kepada anak sejak usia dini. Untuk itu pihaknya melakukan berbagai cara mengupayakan edukasi baik mendatangi sekolah-sekolah maupun mengundang anak-anak sekolah ke kantor Ditlantas Polda Bali.

“Kegiatan open house disamping memberikan edukasi tertib budaya lalu lintas juga dapat memberikan dampak psikologis terhadap anak-anak agar tidak takut kepada polisi. Karena saat itu mereka dapat bermain dan bernyanyi bersama polisi lalu lintas,” ujar Dirlantas Polda Bali.

Penulis  : I Ketut Bina Wartawan

Editor    : Swanjaya

Publish  : I Putu Adnyana

 

Admin Polri56114 Posts

tribratanews.polri.go.id "Portal Berita Resmi Polri : Obyektif - Dipercaya - Patisipatif"

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password