Bhabinkamtibmas di Bojonegoro Mendadak Jadi Pawang Ular

IMG-20180122-WA0040

Tribratanews.polri.go.id – Polda Jatim, Keresahan warga Desa Kuniran Kecamatan Purwosari Kabupaten Bojonegoro tentang seringnya kehilangan ternak terjawab sudah. Setelah dilakukan pengintaian dalam beberapa pekan oleh warga dan babinkamtibmas, ternyata penyebabnya adalah seekor ular sowo kembang yang berukuran 3,10 meter. Siang kemarin, Senin (22/01/2018) Ular sepanjang 3.10 meter tersebut, berhasil ditangkap setelah memangsa ayam milik.

Bermula dari seringnya ternak yang hilang, warga bersama Bhabinkamtibmas meningkat patroli Siskampling. Dengan harapan, misteri hilangnya ternak dapat terungkap. Awalnya, warga sekitar tidak menduga kalau ternak yang hilang tersebut di mangsa oleh ular Sowo Kembang. Warga menduga, ada pelaku kejahatan yang sengaja memanfaatkan kesempatan untuk mencuri ternak ternak tersebut. Kemudian seorang warga Desa Kuniran SAJI (40th) menemukan sosok ular sowo kembang besar di tepi bantaran sungai besulu Desa Kuniran yang tidak bisa bergerak karena kekenyangan setelah memangsa seekor ayam.

“Ketika itu, saya sedang menuju ke sawah. Saya kaget ada ular besar di bantaran sungai. Posisinya tidak bergerak karena habis makan ayam”, terang Saji warga Desa Kuniran Kecamatan Purwosari Kabupaten Bojonegoro.

Karena ketakutan, Saji menghubungi warga lainnya dan Bhabinkamtibmas Desa Kuniran. Bersama sama warga, akhirnya Bhabinkamtibmas Desa Kuniran berhasil mengamankan ular tersebut dan di evakuasi ke pekarangan salah satu rumah warga.

“Begitu mendapatkan telepon, saya langsung meluncur ke lokasi. Ularnya cukup besar”, tutur Bhabinkamtibmas Desa Kuniran Bripka Lamidi.

Ular yang tergolong jenis ular langka tersebut, akhirnya dapat di evakuasi. Meskipun ukurannya cukup besar, namun ular tersebut tidak melakukan perlawanan saat ditangkap. Hal tersebut dimungkinkan karena usai memangsa hewan ternak. Setelah mendapatkan kesepakatan bersama, ular tersebut akan disampaikan kepada dinas terkait untuk mendapatkan perlakuan yang semestinya.

“Ularnya tidak melawan, mungkin karena kekenyangan. Warga sepakat tidak membunuhnya. Tapi akan diberikan ke dinas terkait untuk mendapatkan perlakuan semestinya”, imbuhnya.

Sementara itu, Kapolsek Purwosari Polres Bojonegoro AKP Susilo TP membenarkan bahwa anggotanya telah berhasil menangkap Ular yang selama ini meresahkan warganya. Pihaknya berharap, bila ada sesuatu yang janggal terhadap lingkungannya agar segera berkoordinasi dengan Bhabinkamtibmas untuk menyelesaikannya. Kapolsek juga berharap, kejadian ditangkapnya Ular pemangsa hewan ternak tersebut tidak terulang kembali di wilayahnya.

“Ya benar, bersama warga anggota kami berhasil mengamankan ular Sowo Kembang yang sering memangsa ternak warga. Semoga tidak ada kejadian serupa menimpa warganya”, ucap Kapolsek Purwosari Polres Bojonegoro AKP Susilo TP.

Penulis : Yudie
Editor : Alfian Nurnas
Publish : Joko Sembung

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password