Aktifkan Kembali Peran dan Fungsi Siskamling, Brigpol Amiruddin Lakukan Koordinasi Dengan Kepala Desa

WhatsApp-Image-2018-01-22-at-12.21.37

tribratanews.polri.go.id – Polda Sulbar,  Secara fungsional, sistem keamanan lingkungan (siskamling) sangat berperan penting dalam menjaga situasi kamtibmas disuatu wilayah agar tetap aman dan kondusif dengan menempatkan warga setempat untuk berjaga secara bergiliran di pos-pos ronda yang tersedia.

Namun belakangan ini kita sudah sangat jarang melihat masyarakat yang mengisi atau berjaga di pos-pos ronda, secara tidak langsung hal tersebut dapat memicu munculnya gangguan Kamtibmas seperti tindak pidana pencurian dan lain sebagainya.

Untuk itu, Bhabinkamtibmas desa salugatta Brigpol amiruddin melakukan koordinasi dengan kepala desa salugatta pada hari Minggu (21/01/2018) di rumah kepala desa salugatta Kec. Budong-budong Kab, Mateng dan dihadiri pula oleh linmas serta tokoh masyarakat di desa tersebut.

Brigpol Amiruddin menuturkan bahwa maksud dari Koordinasi tersebut untuk mengaktifkan kembali pos-pos ronda yang ada di desa salugatta, sehingga situasi kamtibmas di desa tersebut dapat semakin aman dan kondusif serta silaturahmi antar warga juga bisa semakin baik.

“Koordinasi dengan kades salugatta ini bertujuan agar pos-pos ronda yang ada di desa bisa di aktifkan kembali, karena peran dari pos-pos tersebut sangat penting dalam menjaga situasi kamtibmas yang aman serta kondusif, serta dapat meningkatkan keharmonisan dan silaturahmi antar warga”, Tutur Brigpol Amir.

Lanjut dikatakan bahwa kepolisian tidak dapat berjalan sendiri dalam menjaga Situasi kamtibmas apabila tidak ada dukungan dari masyarakat itu sendiri, sehingga peran serta masyarakat dalam menjaga situasi kamtibmas sangat kami butuhkan dan dengan adanya siskamling tersebut, dapat mencegah orang-orang atau pihak-pihak yang ingin mengganggu keamanan dan ketentraman di wilayah kita.

“Kami tidak dapat berjalan sendiri dalam menciptakan situasi kamtibmas yang aman dan kondusif tanpa adanya dukungan dan peran serta masyarakat, dan kehadiran warga dalam siskamling tersebut dapat mencegah pihak-pihka tertentu yang ingin membuat kegaduhan dan keresahan di wilayah kita”, Jelas Brigpol Amiruddin.

Brigpol Amiruddin menghimbau agar segera melaporkan setiap kejadian yang dapat memicu timbulnya gangguan kamtibmas kepada pihak kepolisian terdekat agar permasalahan tersebut tidak meluas dan dapat segera ditangani oleh pihak kepolisian.

Penulis : Wirad

Editor   : Alfian

Publish : Andi Srirahayunita

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password