Kakor Binmas Baharkam Polri Kunjungi Polda Bali, Kapolda Nyatakan Bhabinkamtibmas Siap Amankan Pilkada Serentak

Tribratanews.polri.go.id – Polda Bali, Sebelum bertatap muka dengan ratusan Bhabinkamtibmas jajaran Polda Bali, Kakor Binmas Baharkam Polri Irjen Pol. Drs. H. Arkian Lubis, S.H. bertemu Kapolda Bali, Irjen Pol. Dr. Petrus Reinhard Golose di ruang tamu Kapolda Bali, Sabtu (20/1/2018).

Dalam pertemuan itu Kapolda menjelaskan bahwa Polda Bali membawahi 1 Polresta, 8 Polres, 60 Polsek yang memiliki 636 desa dan 80 kelurahan. Jumlah keseluruhan personel Bhabinkamtibmas di Polda Bali sebanyak 726 personel sehingga sudah memenuhi standar yang telah ditentukan yaitu satu desa satu Bhabinkamtibmas. Dari 726 Bhabinkamtibmas itu terdapat 11 personel Polwan yang sudah disebar untuk bertugas di masing-masing Polres.

Pelaksanaan tugas-tugas Bhabinkamtibmas di Polda Bali menggunakan sistem kekerabatan dengan seluruh lapisan masyarakat dan bersinergi dengan Babinsa sehingga kehadirannya dapat dirasakan di tengah-tengah masyarakat. Disamping itu Bhabinkamtibmas selalu menggalang Pecalang yaitu sistem keamanan desa yang dimiliki setiap desa. Hal ini tentunya sangat mendukung pelaksanaan operasional Polda Bali dalam menciptakan situasi Kamtibmas.

Kemudian dalam menindaklanjuti MoU antara Kapolri dengan Menteri Dalam negeri dan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi terkait dengan pengawasan dana desa, jajaran Polda Bali telah mengumpulkan dan memberikan sosialisasi kepada seluruh Bhabinkamtibmas dan seluruh Kepala Desa. “Sampai saat ini tidak ada permasalahan yang berkaitan dengan dana desa di Provinsi Bali. Seluruh Bhabinkamtibmas sudah bertekad dan siap mengawasi penggunaan dana desa di masing-masing desa binaannya,” kata jenderal lulusan Akpol tahun 1988 ini.

Terkait pelaksanaan Pilkada Serentak 2018, Kapolda menyatakan sudah mengeluarkan surat telegram yang berisi larangan kepada seluruh personel termasuk Bhabinkamtibmas untuk tetap menjaga netralitas dan tidak terlibat dalam politik praktis. Selain itu, Bhabinkamtibmas juga sudah diminta untuk lebih maksimal menjaga keamanan desa menjelang Pilkada, mengingat akan ada perbedaan pendapat dan pilihan di kalangan masyarakat.

“Perbedaan pendapat dan pilihan merupakan kerawanan yang harus diantisipasi oleh Bhabinkamtibmas. Mereka memiliki peran yang penting agar Pilkada dapat berjalan aman, lancar dan damai,” imbuhnya.

Menanggapi penyampaian Kapolda, Kakor Binmas memberikan apresiasi kepada Irjen Pol. Dr. Petrus Reinhard Golose atas dedikasi dan kinerjanya sebagai Kapolda untuk menjaga keamanan Bali. “Sesuai pilot project JICA yang berkaitan dengan Bhabinkamtibmas, ada 11 Polda yang masuk sebagai Polda Mandiri salah satunya adalah Polda Bali,” terangnya.

Penulis  : I Ketut Bina Wartawan

Editor    : Swanjaya

Publish  : I Putu Adnyana

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password