Seluruh Anggota dan Bhayangkari Dikumpulkan, Kapolres Trenggalek Kembali Tegaskan Netralitas Polri

Tribratanews.polri.go.id – Polda Jatim – Polres Trenggalek – Ribuan personel Kepolisian dan Bhayangkari jajaran Polres Trenggalek menerima arahan dari Kapolres Trenggalek AKBP Didit Bambang Wibowo S, S.I.K., M.H. dan Ketua Bhayangkari Cabang Trenggalek Ny. Mala Didit BWS di Hall Hotel Bukit Jaas Permai Trenggalek, Sabtu (20/01).

Pengarahan tersebut digelar bersamaan dengan pertemuan Bhayangkari yang rutin digelar setiap bulan. Bedanya, pertemuan kali ini menghadirkan seluruh anggota dan Bhayangkari tanpa kecuali. Bagi anggota yang tidak bisa hadir karena suatu hal wajib menyertakan surat keterangan dan alasan yang bisa dipertanggungjawabkan.

Kapolres Trenggalek AKBP Didit menilai bahwa pertemuan ini sangat penting karena menyangkut instruksi dan perintah terkait dengan situasi Kamtibmas menjelang Pilkada 2018 yang tinggal beberapa bulan lagi.

Dalam arahannya, Perwira menengah alumni Akpol tahun 2000 ini menegaskan, sikap dan posisi Polri dalam Pilkada maupun Pemilu adalah netral, tidak memihak atau mendukung pasangan calon tertentu. Baik Polri maupun Bhayangkari dilarang keras terlibat politik praktis baik langsung maupun tidak langsung.

“Dilarang keras bagi anggota dan PNS Polri terlibat politik praktis, berpihak dalam bentuk apapun kepada pasangan calon” tegas AKBP Didit.

Dijelaskan AKBP Didit, ada 12 poin larangan yang wajib dipedomani bagi seluruh anggota Polres Trenggalek diantaranya, dilarang mendeklarasikan diri, menerima atau meminta hadiah, menggunakan atau memasang atribut, menghadiri dan menyebarluaskan gambar paslon, foto bersama paslon, memberikan dukungan politik dan keberpihakan, menjadi tim sukses, menggunakan kewenangan yang dapat menguntungkan atau merugikan Paslon, memberikan fasilitas dinas atau pribadi untuk kepentingan Paslon, Black Campaign, menginformasikan hasil penghitungan suara dan menjadi panitia umum Pemilu.

“Tugas kita adalah menjaga Kamtibmas kondusif selama Pilkada. Laksanakan tugas secara profesional” ujar AKBP Didit.

Sementara itu, Ketua Bhayangkari Cabang Trenggalek Ny. Mala Didit BWS di hadapan para Bhayangkari mengatakan, tugas pokok Bhayangkari adalah mendampingi dan mendukung tugas-tugas suami sebagai anggota Polri. Oleh sebab itu, sangat penting menjaga etika dalam pergaulan sehari-hari karena apapun yang dilakukan akan berdampak pula pada Polri secara umum.

“Jaga etika saat bergaul dengan masyarakat. Bagaimana caranya ? Bertindak sopan santun, tunjukkan sikap ramah dan mengayomi serta hidup sederhana atau tidak berlebihan. Masyarakat tidak hanya menilai kita sebagai pribadi namun juga sebagai sosok istri Polisi” jelas Ny. Mala.

Lebih lanjut, Ny. Mala menekankan kepada seluruh anggota Polri dan Bhayangkari untuk selalu menjaga kehamonisan rumah tangga. Jika ada permasalahan segera selesaikan jangan menunda-nunda hingga menjadi besar.

Agar lebih meriah, diakhir acara dilaksanakan pembagian doorprice dan hadiah langsung dari ketua cabang yang berhasil menjawab pertanyaan dan dari undian yang telah disiapkan panitia.

Penulis : Ady / Polres Trenggalek Jatim
Editor : Alfian Nurnas
Publish : Handoko / Polres Trenggalek Jatim

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password