Tentara Mesjid, Komunitas Relawan yang Bertugas Aksi Bersih-bersih Mesjid

tribratanews.polri.go.id -PoldaDIY, Tentara Mesjid, sebuah Komunitas Relawan yang mengkhususkan diri pada aksi bersih – bersih masjid. Komunitas yang berhomebase di Pasekan Maguwoharjo ini berdiri berawal dari kejadian badai Cempaka yang menimpa DIY. Saat terjadi bencana itu aksi spontan untuk memberikan bantuan di Imogiri. Dari aktifitas yang sudah dilakukan tersebut kemudian berlanjut dan dinamai Tentara Masjid.

Menurut Antok salah satu pegiat Tentara Masjid, aksi ini murni dilandasi ingin memakmurkan masjid dengan cara berbeda dengan cara lainnya. Tentara Masjid sendiri beranggotakan dari lintas profesi dan latar belakang. Dari teknisi listrik, sopir, PNS, juga dari TNI dan Polri. Ketika Tribratanews menanyakan dari mana sumber pendanaan kegiatan ini, “Dari iuran anggota Pak,” jawabnya.

“Karena tidak berorientasi profit, ya semua dilakukan karena niatan ibadah,” sambungnya, Kamis (18/1/2018).

f0888baf-8671-4ad5-bd34-e0ee4fd3cf08

Ketika ditanya kembali, mengapa Masjid Babussalaam Polda DIY jadi masjid yang disasar. Menurutnya kebetulan Kabid Humas Polda DIY AKBP Yuliyanto tergabung dalam group WAnya.
“Kebetulan saya dan Pak Yuli (Kabid Humas) ada di satu grup WA, saya mengenal beliau waktu masih menjabat Kapolres Sleman,” jelas lelaki berkacamata ini.

Saat ini, Tentara Masjid beranggotakan sekitar 30-an orang. Sedangkan saat melakukan aksi bersih – bersih biasanya melibatkan 15 – 20 orang.

“Karena kesibukan dari setiap anggota, tidak semua bisa hadir di sini,” jelas Antok.

Yang menarik dari Tentara Masjid ini, mereka sudah memiliki jadwal rutin untuk menjalankan aksinya. Rabu dan Minggu kami alokasikan untuk masjid di luar instansi Pemerintah. Sedangkan untuk hari Kamis kami alokasikan untuk masjid di Instansi Pemerintah.

penulis : TimProDIY
editor : Alfian
publish : Jay

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password