Patroli Laut TNI-Polri di Talaud Evakuasi Kapal Nelayan Filipina yang Terbawa Arus Akibat Kerusakan Mesin

Tribratanews.polri.go.id, Polda Sulawesi Utara – Polsek Nanusa bersama Koramil Nanusa dan Pos TNI AL Marampit menggelar patroli gabungan untuk menjaga keamanan wilayah perairan Kabupaten Kepulauan Talaud, Kamis (18/01/2018).

Sekitar pukul 11.15 WITA, petugas gabungan mendapati sebuah kapal jenis pamboat yang terombang-ambing karena mengalami kerusakan mesin, di arah utara Pulau Karatung.

Petugas kemudian mendekati kapal tersebut untuk melakukan pemeriksaan dan memastikan keadaan. Diperoleh informasi, kapal bernama M/Bca Nanayjita, berasal dari Davao Filipina dengan jumlah ABK (Anak Buah Kapal) sebanyak tujuh orang.

Petugas bersama nelayan setempat lalu menarik pamboat berwarna lambung biru-putih dan tanpa muatan barang tersebut ke tepi pantai. Petugas kemudian melakukan pendataan.

Ketujuh ABK, yakni Iyan (kapten kapal, 26 tahun), Kimkin Garsiano (19), Jim Boy Garsiano (19), Fando Altamarinu (21), Jad Lumu (21), Loloy Antulin dan Veronika Saabidra.

Kapolsek Nanusa, Iptu Sy. Datuamas berdasarkan keterangan kapten kapal mengatakan, kapal berangkat untuk menangkap ikan dari Davao, Senin (14/01/2018).

“Para nelayan tersebut saat itu mencari ikan di wilayah laut Filipina. Tiba-tiba mesin mati dan kapal terbawa arus disertai angin kencang, terombang-ambing selama lima hari hingga ke wilayah perairan Indonesia, tepatnya disekitar Pulau Nanusa,” jelas Kapolsek.

Pamboat, lanjutnya, untuk sementara diamankan di dermaga Karatung. “Sedangkan para ABK untuk sementara waktu ditampung di Koramil 1312-06 Nanusa,” pungkas Kapolsek.

Penulis: Michael
Editor: Alfian
Publish: Rony

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password