Wow !!! Ditreskrimsus Polda Kalbar Tangkap Pelaku Peredaran Kosmetik Palsu

Tribratanews.polri.go.id, Polda Kalbar – Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Kalbar dibawah pimpinan Kombes Pol Mahyudi Nazriansyah, S.I.K. berkomitmen memberantas dan melakukan penindakan tegas terhadap semua praktik ilegal di Kalimantan Barat, Kamis (18/1/2018).

557ec778-e978-49ba-a8ae-95a719f59edb

“Zero terhadap segala bentuk kegiatan ilegal dan memberantas mafia ekonomi dengan tujuan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat Kalbar dan melindungi seluruh masyarakat dari pelaku usaha yang nakal atau curang. Komitmen tersebut dibuktikan dengan melakukan penindakan tegas terhadap tiga orang pelaku tindak pidana kesehatan dan perlindungan konsumen,” ungkap Dir Reskrimsus Polda Kalbar.

Kronologis kejadian diawali saat tim Subdit I Ditreskrimsus Polda Kalbar melakukan pengecekan ke salah satu toko kosmetik yang berada di Jalan Sultan Muhammad, Pontianak. Setelah dilakukan pemeriksaan dan pengecekan ternyata kosmetik dan alat kecantikan yang berada di toko tersebut tidak memiliki ijin edar yang sah dari BPOM.

Tim Subdit I Ditreskrimsus langsung mengambil tindakan kepada pemilik toko yang berinisial HK beserta pegawainya dan behasil mengamankan barang bukti sebanyak 21 jenis produk kecantikan.

Dihari yang sama pada waktu yang berbeda, tim Subdit I kembali meringkus pelaku dengan inisial PO yang juga memiliki kosmetik palsu di Jalan Wonobaru. Selain tidak memiliki ijin edar, produk kecantikan tersebut juga tidak mencantumkan label penggunaan dalam bahasa Indonesia. Adapun barang bukti yang diamankan sebanyak 34 jenis produk.

Masih dihari yang sama dalam selang waktu yang berbeda, lagi dan lagi tim Subdit I Ditreskrimsus Polda Kalbar berhasil menangkap pelaku usaha bengkel berinisial LK yang berada di Jalan Tanjung Raya 2 (Parit Mayor). Bengkel tersebut mengedarkan spare part motor tanpa dilengkapi petunjuk dalam bahasa Indonesia dan tidak ada alamat pelaku usaha (importir) yang jelas. Dari hasil penangkapan, tim berhasil mengamankan 13 jenis spare part yang menjadi barang bukti.

“Kita akan terus berkomitmen Zero Tolerance and Zero Illegal. Jangan sampai ada keluarga, rekan dan masyarakat yang menjadi korban,” jelas Kapolda Kalbar.

bd8bdc98-10ca-476a-a330-36e6605ae6c7

Dalam kasus ini kerugian diperkirakan mencapai 450 juta rupiah. Saat ini tersangka dan barang bukti telah diamankan di Mapolda Kalbar oleh Ditreskrimsus Polda Kalbar.

Penulis : Dikta
Editor : Nanang P
Publish : Dikta

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password