Peran Jurnalis dan Netizen untuk Membangun Opini Positif Pelaksanaan Pilkada 2018

Tribratanews.polri.go.id – Polda Jatim – Polres Trenggalek, Dalam menjalankan perannya sebagai garda terdepan bidang Kamtibmas, Polri tidak bisa bekerja sendiri. Bantuan dan dukungan dari seluruh elemen khususnya media dan masyarakat tentu sangat dibutuhkan.

Mendasari hal tersebut, Kapolres Trenggalek AKBP Didit Bambang Wibowo S, S.I.K. M.H. menggelar silaturahmi dengan awak media, wartawan atau jurnalis dan netizen Kabupaten Trenggalek di Rupatama Mapolres yang diikuti oleh sedikitnya 30 orang, Kamis (18/01).

Dalam kesempatan tersebut, AKBP Didit meminta dukungan dari seluruh undangan yang hadir untuk membantu Polri menumbuhkan suasana sejuk utamanya menjelang Pilkada 2018 dengan membangun opini yang baik dan tidak menimbulkan keresahan di masyarakat.

“Kami ingin situasi Kamtibmas Kabupaten Trenggalek menjelang Pilkada 2018 dan Pemilu 2019 tetap kondusif. Nah, peran serta teman-teman wartawan atau jurnalis dan netizen ini sangat besar untuk mewujudkan itu” ucap AKBP Didit.

Pada era sekarang ini, keberadaan media sosial cukup membawa perubahan besar dalam pola pikir generasi milenial. Masyarakat bebas berpendapat dan menuliskan apa saja hanya bermodalkan gadget dan koneksi internet. Hingga memunculkan istilah jurnalis warga. Kondisi tersebut bisa berdampak positif jika betul-betul dimanfaatkan untuk saling berbagi informasi dan ilmu pengetahuan yang bersifat valid. Namun sebaliknya, bisa membawa pengaruh negatif jika dimanfaatkan sebagai sarana penyebaran berita bohong atau hoax maupun ujaran kebencian.

“Disini peran para netizen dibutuhkan untuk menangkis penyebaran hoax atau opini-opini yang bersifat provokasi dan adu domba” ujar AKBP Didit.

Menjelang Pilkada 2018 yang tinggal beberapa bulan ini, tidak menutup kemungkinan perang media sosial akan dibanjiri dengan berbagai berita hoax. Oleh sebab itu, dengan dukungan dari para jurnalis dan netizen diharapkan dapat meminimalisir gangguan Kamtibmas yang berasal dari media sosial.

Penulis : Ady / Polres Trenggalek Jatim
Editor : Alfian Nurnas
Publish : Handoko / Polres Trenggalek Jatim

Admin Polri56608 Posts

tribratanews.polri.go.id "Portal Berita Resmi Polri : Obyektif - Dipercaya - Patisipatif"

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password