Pastikan Ketersediaan Bahan Kebutuhan Pokok, Satgas Pangan Gelar Operasi Pasar

Tribratanews.polri.go.id – Polda Jatim – Polres Banyuwangi : Satgas Pangan Polres Banyuwangi hari kamis (18/1) melaksanakan kegiatan operasi pasar di Pasar Blambangan Banyuwangi bersama dengan Bulog dan Perpadi Banyuwangi. Operasi pasar kali ini merupakan bagian dari perluasan titik yang akan menjual beras Bulog, dengan harga di bawah harga eceran tertinggi (HET) atau senilai Rp 9.350 perkilogram.

“Dengan diluncurkan operasi pasar beras medium ini, diharapkan akan mampu mambntu masyarakat dalam memenuhi kebutuhan pangan terutama beras. Selain itu juga untuk kontrol dan mengendalikan harga besar di pasaran,” kata Kabulog Divre Banyuwangi  David Susanto.

Kasatreskrim Polres Banyuwangi AKP Sodik efendi., S.H. selaku Kasatgas Pangan mengatakan jika bahwa pihanya sedang melakukan operasi pasar bersama dengan Bulog dan Perpadi guna menjaga stabilitas harga sekaligus mengetahui ketersediaan bahan pangan di pasaran dan perkembangan harga kebutuhan pokok.

Ia berharap dengan operasi pasar, pihaknya bisa mengetahui penyebab kenaikan harga beras sekaligus mampu menekan dan mengendalikan harga beras. Kepada para pengusaha beras, distributor, para penjual dihimbau untuk tidak menimbun, memainkan harga dan melakukan tindakan curang misal mencampur beras kualitas baik dengan yang kurang baik (mengoplos).

“Kalau ada penyimpangan, pasti kami tindak sesuai dengan peraturan yang ada,” ucap AKP Sodik.

001. ops pasar.1

Adapun beras yang di tawarkan adalah beras medium dengan harga Rp. 9000 per/kg dan dijual Rp. 9.000/kg di bawah HET yang di tetapkan oleh Pemerintah yaitu Rp. 9.350.

Ketua Perpadi Banyuwangi  Irwan Kuswanto mengatakan bahwa pihaknya bersama dengan Bulog dan Satgas Pangan melakukan operasi pasar dengan tujuan membantu masyarakat yang mencari beras medium bisa mendapatkan dengan harga yang lebih murah dari HET yaitu Rp. 9000.

“Kita siapkan 8 ton beras medium dalam kemasan 10 Kg dan 25 Kg untuk operasi pasar di Pasar Blambangan hari ini,” jelas Ketua Perpadi Irwan.K.

David Susanto mengatakan jika masyarakat tidak perlu cemas tentang ketersediaan beras di pasaran karena stock beras yang ada di Bulog Divre Banyuwangi sampai hari ini sebanyak 33.500 ton. Dengan jumlah tersebut masih aman untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Banyuwangi bahkan Bulog Banyuwangi mampu mensuplay kebutuhan beras ke Madura, NTT, Medan dan Bali.

Penulis : Setyo B.1801 / Humas Res Banyuwangi

Editor : Alfian Nurnas

Publish : Setyo Bakti

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password