Residivis Pencurian Rumah Dilumpuhkan Tim Resmob Polresta Manado

Tribratanews.polri.go.id, Polda Sulawesi Utara – Tim Resmob Satreskrim Polresta Manado berhasil ‘menerkam’ residivis pencurian rumah, JL alias Joy (49), warga Kecamatan Likupang, Kabupaten Minahasa Utara, Selasa (16/01/2018), sore.

Pelaku terpaksa dilumpuhkan dengan timah panas di kaki kirinya, karena berusaha melarikan diri saat akan dibekuk petugas di kampungnya sendiri.

Penjahat kambuhan ini, sering beraksi di kost-kost mahasiswa yang berada di sekitar Kampus Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) Manado, Politeknik maupun permukiman warga, perumahan elit dan rumah makan.

Dalam melancarkan aksinya, pelaku merusak kunci kamar kost atau memanfaatkan kesempatan saat penghuni kost sedang tertidur atau mandi dan lupa menutup pintu. Barang yang digasak pun beragam, mulai dari uang, hand phone, laptop, perhiasan, televisi dan lain-lain.

Berdasarkan pengakuan awal pelaku, petugas mendapati ‘track record’ kejahatan terbaru yang dilakukannya, antara bulan September 2017 hingga Januari 2018 ini.

tsk JL-bb

Dalam rentang waktu tersebut, pelaku setidaknya telah beraksi di 20 TKP (Tempat Kejadian Perkara) di Kota Manado dan sekitarnya. Dalam penangkapan, tim menyita sejumlah barang bukti, yakni laptop, hand phone dan televisi.

Kapolresta Manado, Kombes Pol FX. Surya Kumara melalui Kasubbag Humas, AKP Roly Sahelangi menerangkan, awalnya ada laporan pencurian dibeberapa rumah kost. “Petugas mulai melakukan penyelidikan. (aksinya) Sempat terekam CCTV dan mengarah kuat kepada JL, hingga akhirnya ditangkap,” jelasnya.

Pelaku, lanjut Kasubbag Humas, keluar dari penjara pada pertengahan 2017 lalu, atas kasus yang sama. “JL dijerat dengan Pasal 362 dan 363 KUHP, ancaman hukumannya diatas lima tahun penjara. Kasus ini masih dalam pengembangan, untuk mengungkap kemungkinan adanya TKP yang lain,” tandasnya.

Penulis: Rony
Editor: Alfian
Publish: Pri

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password