Berawal MoU Bersama Bupati, Polres Mojokerto Mempunyai Mobil Cendekia

tribratanews.polri.go.id, Polres Mojokerto Polda Jatim – Demi mencerdaskan kehidupan bangsa yang tertuang dalam alinea IV pembukaan UUD 1945, Kapolres Mojokerto AKBP Leonardus Simarmata S.Sos S.I.K MH. mempunyai sebuah ide kreatif dengan mengubah mobil dinas dari satuan Pembinaan Masyarakat (Binmas) menjadi mobil Cendekia.

Kasat Binmas AKP Bambang Sujatmiko langsung menanggapi ide kreatif Kapolres Mojokerto yang selanjutnya melakukan koordinasi dengan instansi terkait baik dinas pendidikan, dinas perpustakaan daerah, Pimpinan cabang Bank BRI untuk menyulap mobil penerangan keliling Sat Binmas menjadi mobil cendekia yang di operasionalkan sebagai perpustakaan keliling.

IMG-20180117-WA0035Mobil cendekia diharapkan mampu menjangkau sudut-sudut wilayah masyarakat kecil di pedesaan dengan tujuan untuk menumbuhkan rasa ingin tahu akan ilmu pengetahuan dan informasi sehingga terciptanya masyarakat yang  gemar membaca.

Berawal dilaksanakan nya penandatanganan MoU Kapolres Mojokerto bersama Bupati Mojokerto Tentang Upaya untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan masyarakat melalui sinergitas program wajib membaca dan launching mobil cendekia Sat Binmas Polres Mojokerto, bertempat di Pacet Mini Park Dsn Randegan Ds Warugunung Kec Pacet Kab Mojokerto. Rabu (17/01/18).

IMG-20180117-WA0042Dalam Penandatanganan MoU ini turut disaksikan Kasdim 0815, PJU (Pejabat Utama) Polres mojokerto, OPD (Organisasi Perangkat Daerah) Kab Mojokerto, Pengadilan Negeri Mojokerto, Kejaksaan Negeri Mojokerto, Muspika Kec Pacet, perwakilan 3 pilar Se-Kab Mojokerto dan Perwakilan Warga Masyarakat Buta Aksara.

IMG-20180117-WA0037AKBP Leo menyampaikan maksud dan tujuan melaksanakan Memorandum Of Understanding (MoU) ini yaitu, “Untuk Menumbuh kembangkan masyarakat usia produktif yang gemar membaca, serta berlatar belakang masih banyak masyarakat kita yang belum berkesempatan untuk bisa bersekolah formal. Untuk itu mobil cendekia hadir menjawab permasalahan tersebut”. Jelas Kapolres Mojokerto.

“Nanti nya akan ada jadwal kunjungan dalam setiap hari nya. Sasaran nya tentu saja anak anak Putus sekolah, Anak jalanan, masyarakat buta aksara dsb. Sat Binmas juga akan bekerja sama dengan dinas pendidikan dan dinas perpustakaan daerah untuk menyiapkan buku buku terbaik dan tiap bulan nya akan di ganti buku baru sehingga masyarakat tidak bosan dengan buku yang mereka baca”. Tambah AKBP Leo Lulusan Akpol tahun 1997 ini.

Apresiasi tentu nya tak henti henti nya di ucapkan oleh Bupati Mojokerto Bapak Mustafa Kamal Pasha saat diberi kesempatan untuk menyampaikan kata sambutan nya. “Saya sangat mengapresiasi dan mensupport penuh apa yang telah di gagas oleh Mas Leo (Kapolres Mojokerto), Kepolisian yang modern seperti sekarang ini tidak hanya memberi rasa aman melainkan juga turut berkontribusi positif dalam pendidikan masyarakat mojokerto”. Terang Bupati kepada seluruh yang hadir di acara MoU tersebut.

IMG-20180117-WA0036

Kegiatan yang berakhir dengan Launching Mobil Cendekia Sat Binmas Polres Mojokerto dengan pemecahan Kendi Oleh Bupati dan Kapolres Mojokerto, serta penyiraman Air Kembang. Hal ini merupakan kearifan lokal yang bertujuan memohon perlindungan agar mobil tersebut terhindar dari musibah dan dapat beroperasi sesuai harapan nya.

Penulis :Umam/Dwa

Editor : Alfian Nurnas

Publish : Umam

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password