Tekab 308 Polres Lampung Barat dan Tim Saber Pungli Pesisir Barat Amankan 3 Pelaku di Duga Pemerasan

Tribratanews.polri.go.id – Polda Lampung/ Polres Lampung Barat. jajaran tekab 308 Polres Lampung Barat bersama Tim saber pungli Pesisir Barat berhasil menangkap 3 pelaku di duga melakukan pemerasan terhadab sejumlah aparat desa, pelaku yakni EI, warga Dusun Induk Merak Batin Rt/Rw, 001/001 kelurahan merak batin, kecamatan natar, kabupaten lampung selatan, pelaku kedua YA, warga  Jl. pagar alam No. 153 RT/RW 001/- Kelerahan segala mider, Kecamatan tanjung karang Barat,  bandar lampung. Dan pelaku ketiga NN, warga bringin raya bandar lampung.

Ketiga pelaku tersebut di tangkap petugas didudaga telah melakukan pemerasan terhadap beberapa aparat pekon atau Kepala desa di wilayah hukum Polres Lampung Barat tepatnya di pekon sukajadi, Kecamatan krui selatan, Kabupaten Pesisir Barat dengan modus para pelaku menyamar sebagai Tim prefikasi Prona dari Provinsi Lampung.

saber 2Kapolres Lampung Barat AKBP Tri Suhartanto,S.Ik di dampingi Kasat Reskrim AKP Rizal Efendi,SH. menerangkan, berawal para pelaku mendatangi juru tulis pekon sukajadi dengan mengatasnamakan Tim prefikasi Prona dari Provinsi Lampung, kemudian pelaku menyuruh juru tulis untuk mengisi data di Buku yang telah dibawa oleh pelaku. pada saat itu buku tersebut bersampul plastik warna biru.

Selanjutnya pelaku menanyakan tentang teknis pembuatan prona di pekon sukajadi. Dan pelaku inisial YA mengatakan bahwa pekon sukajadi bermasalah dalam pembuatan Prona (sertifikat tanah). dikarenakan program dari presiden biaya yang dikeluarkan  hanya Rp. 300.000. dikarenakan pekon sukajadi menarik sebesar Rp. 750.000,- pelaku langsung mengatakan itu bermasalah.

saberSelanjutnya pelaku akan menyampaikan permasalahan tersebut ketingkat provinsi sebagai Bahan laporan. jika pengisian formulir yang telah di isi mau di print ulang maka harus membayar sejumlah uang 3 Juta Rupiah kepada para pelaku. mendengar perkataan tersebut juru tulis merasa ketakutan. dan bersedia membayar sejumlah uang yang diminta oleh pelaku. pelaku juga sempat meminta uang tambahan sebesar 500 Ribu kepada korban, saat itulah Petugas gabungan dari Tekap 308 Polres Lampung Barat bersama tim samber Pungli langsung mengamankan para pelaku,”Ucap Kapolres pada Rabu 17/01/2018.

Kini ketiga pelaku tersebut dan barang bukti berupa uang sebesar dua belas juta tuju ratus lima puluh ribu rupiah dan 1 unit mobil suzuki ertiga warna abu-abu dengan nomor Polisi BE 2622 CX di amanakan di Mapolres Lampung Barat guna proses penyidikan lebih lanjut.

Penulis         : Edi Susanto/Polres Lampung Barat

Editor           : Alfian Nurnar

Publish         : Edi S

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password