Goes to Campus, Wakapolda DIY Hadir Sebagai Pembicara Seminar Membangun Generasi Tangguh Berkarakter dan Berbudaya

tribratanews.polri.go.id -PoldaDIY, bangsa yang berbudaya mampu menetapkan kebaikan, kebenaran, keadilan dan tanggung jawab. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), Budaya adalah mempunyai pikiran dan akal yang sudah maju.

Hal inilah yang disampaikan oleh Wakapolda D.I.Yogyakarta Kombes Pol. Drs. Teguh Sarwono, M.Si., saat menjadi narasumber pada Seminar Stadium General yang bertemakan “Membangun Generasi Tangguh Berkarakter dan Berbudaya” kepada Dosen dan Mahasiswa Universitas Widya Mataram Yogyakarta di Pendopo Ndalem Mangkubumen, Selasa (16/1/2018).

Menurut Wakapolda, Pada era kompetisi global saat ini, penghancuran negara tidak lagi dilakukan secara konvensional, tetapi dapat dilakukan dengan sasaran non fisik antara lain melalui ideologi, ekonomi, budaya ataupun operasi intelijen.

“Kemudian akhirnya terjadi perang budaya, perang informasi dan ataupun perang membangun persepsi. Tujuan perang bukan lagi penguasaan teritorial, tetapi pada penguasaan negara terutama sumberdaya ekonomi,” sambungnya.

Setiap warga negara, menurutnya memiliki kewajiban untuk membela negara. Oleh sebab itu, yang harus dibangun saat ini adalah melalui pembangunan intelektual masyarakat itu sendiri. Jika intelektual tinggi maka tidak akan mudah orang lain akan menjajah bangsa Indonesia.

“Tantangan Kebhinekaan NKRI saat ini yaitu masih terjadi Intoleransi antar umat beragama maupun inter umat beragama, dan masih ada kelompok yang memaksakan untuk mengganti ideologi /dasar negara dengan ideologi tertentu. Disamping itu pula, persaingan antar bangsa di dunia yang menginginkan NKRI menjadi lemah, bubar dan pecah. Serta memudarnya nilai nilai luhur budaya bangsa akibat dari globalisasi yang tidak difilter dengan baik,” tandasnya mengakhiri.

penulis : Dhenyy
editor : Alfian
publish : Jay

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password