Polda Sulut Gelar Pelatihan Kemampuan Penyidik dalam Penanganan Tindak Pidana Pemilu

Tribratanews.polri.go.id, Polda Sulut – Polda Sulawesi Utara melalui Direktorat Reskrimum bekerja sama dengan Kejaksaan Tinggi Sulut dan Bawaslu menggelar pelatihan peningkatan kemampuan Penyidik penanganan tindak pidana pemilihan 2018, di aula Tribrata Mapolda Sulut, Selasa (16/1/2018).

Para peserta pelatihan berasal dari para penyidik Polda Sulut dan wilayah kesatuan yang terdapat pilkada yaitu Polres Talaud, Polres Sangihe, Polres Bolmong, Polres Minahasa, Polresta Manado, Polres Tomohon, dan Polres Minsel.

Kegiatan ini menurut Dir Reskrimum Polda Sulut Kombes Pol Hari Sarwono melalui Kasubdit Kamneg AKB Joudy Kalalo, untuk lebih meningkatkan profesionalitas dan saling berkoordinasi antar instansi terkait dalam menangani perkara tindak pidana pilkada yang dilaporkan.

“Dalam hal ini kita berkoordinasi dengan Bawaslu dan Kejaksaan. Peserta yang ikut yaitu penyidik dari polres yang daerah tugasnya meliputi enam kabupaten kota yang melaksanakan pemilukada,” ujarnya.

Ia berharap dengan pelatihan ini, pelaksanaan tindak pidana ini betul betul berjalan sesuai dengan mekanisme yang ada.

“Dan apabila ada persoalan-persoalan yang timbul nantinya penyidiknya sudah lebih profesional dalam menangani permasalahan yang timbul. Ini juga untuk penyamaan persepsi,” ujanya.

Sementara itu Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sulawesi Utara (Sulut) Herwyn Malonda yang juga hadir saat itu meminta agar tidak ada yang melakukan bolak-balik perkara saat menangani tindak pidana pilkada nanti.

“Jangan sampai ada bolak balik perkara nanti. Harus ada pemahaman bersama mengenai perkara yang dilaporkan,” ujarnya.

Bawaslu hanya memberikan informasi terkait dengan fasilitas terhadap gakumdu. Menurutnya dengan adanya sentra gakumdu, bagi pengawas pemilu hal ini untuk mempersingkat prosedur sekaligus mengatasi kelemahan di pengawas pemilu.

Penulis: Supri
Editor: Alfian
Publish: Roni

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password