Cek Harga Bahan Pokok, Kapolres Sinjai Gandeng TPID Sidak Pasar

Tribratanews.polri.go.id – Polda Sulsel, Kapolres Sinjai Akbp Ardiansyah bersama TPID (Tim Pengendali Inflasi Daerah) melakukan sidak (Inspeksi mendadak) untuk memantau langsung harga sembilan bahan pokok dan komunitinya di Pasar Sentral Sinjai, Kel. Bongki, Kec. Sinjai Utara, Kab. Sinjai, Selasa (16/01/18).

Kapolres juga didampingi Kasat Reskrim Polres Sinjai Akp Sardan, Camat Sinjai utara Andi irwan syahrani.

Kapolres Sinjai dan tim berkeliling pasar menemui pedagang dan menanyakan harga sembako. Apakah terjadi kenaikan harga yang bisa meresahkan masyarakat setelah dicek ternyata harga masih tetap stabil dan sampai hari ini belum ada kenaikan harga yang dilakukan pedagang di Pasar Sentral Sinjai.

“Meski sebelumnya ada sedikit kenaikan harga telur setiap rak dan itu terjadi karena adanya momen Maulid dimana kebutuhan masyarakat meningkat saat itu kapolres sinjai berharap agar kenaikan harga beras tidak dimainkan oleh spekulan jika terjadi maka kami akan tindaki,” ucap Kapolres.

Kapolres Sinjai selain mengajak untuk menjaga kestabilan harga juga mengajak para pedagang untuk berhati-hati agar tidak terjadi tindak kriminal yang tidak diinginkan.

Hal itu pernah disampaikan Kapolri Jenderal Polisi Drs. H. M. Tito Karnavian, M.A., Ph.D yang menekankan pelaku pasar tidak bermain-main dengan harga sembako.

Kapolri mengatakan jika terjadi lonjakan harga yang tidak wajar, maka sudah dapat dikatakan sebagai pelanggaran hukum atau perbuatan pidana, dan kami akan melakukan langkah-langkah penegakan hukum.

Sementara itu Menteri Pertanian mengapresiasi Polri yang telah bekerja keras menindak para kartel untuk mengatasi harga beberapa pangan yang melonjak tinggi seperti cabe serta menindak kartel pupuk.

Pengawasan rantai distribusi dan persaingan para pemain usaha dibidang pangan pokok terutama dari kartel – kartel yang sering memainkan harga dengan cara penimbunan siap dilakukan Ketua KPPU dengan meningkatkan koordinasi dan kerjasama dengan satgas pangan yang ada di Polri.

Penulis : Rosdiana

Editor : Alfian

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password