Sosialisasikan Tertib Berlalu Lintas, Satlantas Polres Bulukumba Sasar Sekolah–sekolah

Tribratanews.polri.go.id – Polda Sulsel, Satlantas Polres Bulukumba semakin intens turun ke masyarakat untuk mengajak dan mensosialisasikan tertib berlalu lintas, bahkan sudah menyasar sekolah–sekolah, baik sekolah dibawah naungan Diknas maupun Kemenag.

Sebagaimana yang terlihat hari ini Senin 15 Januari 2018 di MTS Negeri 1 Bulukumba Desa Bontomacinna Kecamatan Gantarang Kabupaten Bulukumba, selepas upacara rutin senin personil Satuan Polisi Lalu Lintas yang di pimpin langsung Kasatlantas AKP Muhammadi Mukhtari bersama Kanit Laka Ipda Herman turut pula personil Polwan Brigadir A. Irma dan Brigadir Nirpa.

Di hadapan ratusan siswa dan puluhan guru juga staf MTS Negeri 1 Bulukumba AKP. Muhammadi Mukhtari menyampaikan pentingnya kesadaran tertib berlalu lintas sesuai amanah UU No. 22 tahun 2009 dan anak siswa belum boleh menggunakan kendaraan roda dua ke sekolah karna belum cukup umur.

“Kegiatan sosialisasi ini terlaksana berkat undangan salah Seorang Guru MTS Negeri 1 Bulukumba yang juga Dai Kamtibmas Polres Bulukumba Ustadz Ikhwan Bahar, Saya sangat berterima kasih karena telah memfasilitas kegiatan sosialisasi ini,” ungkap Akp Muhammadi Muhtari, SH.,S.Ik.

Kapolres Bulukumba AKBP M. Anggi Naulifar Siregar, S.Ik, M.Si merespon positif kegiatan Sisialisasi ini “Kami berharap kegiatan seperti ini bisa lebih di intensifkan dan menjangkau lebih banyak lembaga pendidikan, mengingat korban kecelakaan kebanyakan dari anak sekolah,” harapnya.

Kepala MTS Negeri 1 Bulukumba A. Nurmiah mengaku sangat berterima kasih atas kehadiran bapak dan ibu polisi ini, “Kami berterima kasih atas kesempatan Bapak ibu polisi untuk datang ke madrasah kami dan membantu kami mengingatkan siswa tentang aturan berlalu lintas dan ke depan kami juga akan ajak orang tua siswa guna mensosialisasikan hal ini,” tutupnya.

Pentingnya penyampaian pengetahuan berlalu lintas sejak dini disamping guna membentuk karakter para pelajar mulai usai dini untuk tertib berlalu lintas juga berguna memupuk rasa disiplin serta kesadaran yang tinggi terhadap aturan hukum berlalu lintas agar mereka kelak dapat menjadi warga negara yang patuh hukum sehingga dapat mengurangi jumlah angka kecelakaan lalu lintas yang tinggi saat ini dan pelanggaran pelanggaran lalu lintas yang masih didomimasi oleh para pelajar yang belum cukup umur.

Dalam Undang-UUndang Nomor 22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan memberikan amanat kepada semua pihak untuk ikut serta mematuhi lalu lintas ketika berkendara di area lintasan jalan publik. Namun hingga kini, pelaksanaan aturan yang sangat ideal tersebut bukan menghadapi masalah.

Justru faktanya antara apa yang seharusnya dilaksanakan (das sollen) dengan apa yang senyatanya sehari-hari (das sein) acapkali tidak berbanding lurus. Terbukti hingga saat ini masih banyak terjadi pelanggaran berlalu lintas di sana-sini. Secara kebetulan atau tidak, pelaku pelanggaran ternyata tidak sedikit dari masyarakat yang berpendidikan. Pertanyaannya, kenapa hal ini terus terjadi? Bagaimana cara mengurangi atau mengatasinya?

Solusi untuk mengurangi pelanggaran atau banyaknya kecelakaan lalu lintas di jalan raya, tentunya selain perlu penindakan tegas bagi masyarakat yang melanggar ketentuan beralalu lintas, yang utama juga adalah memberikan pencegahan sedini mungkin. Salah satunya melalui sosialisasi atau penyuluhan tertib berlalu lintas bagi pelajar mulai tingkat TK, SD, SMP, SMA bahkan hingga mahasiswa Perguruan Tinggi.

Penulis : Rosdiana

Editor : Alfian

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password