Pencurian di Kalsel : Usai Curi Besi di Bengkel Las, Sekawanan Remaja Ditangkap Warga

c7785d25-b9a6-4e57-b489-b26608359053

Tribratanews.polri.go.id – Polres Hulu Sungai Tengah, Bermacam cara yang dilakukan para pelaku kejahatan untuk melancarkan aksinya. Seperti sekawanan pemuda yang menjadi pelaku pencurian besi yang terjadi di Desa Mandingin Kec. Barabai Kab. Hulu Sungai Tengah, Sabtu (3/1/2018) sekitar jam 03.00 wita.

Saat para warga sedang tidur nyenyak namun tidak bagi keempat pemuda ini, pagi – pagi buta mereka melancarkan aksinya dengan media gerobak yang ditarik dengan sepeda motor.

Mereka adalah MZ (18), MA (15), AR (14) dan AM (12) warga Bulau Indah Kec. Barabai Kab. Hulu Sungai Tengah. Keempat remaja tanggung ini mencuri besi milik korban yang bernama RAHMAN FAUJI (42) warga Jl. Surapati Rt. 007/003 Desa Banua Jingah Kec. Barabai Kab. Hulu Sungai Tengah. Namun nasib sial menimpa remaja tersebut, seusai mencuri besi milik korban, keempat pelaku ditangkap oleh warga sekitar.

Kejadiannya bermula saat keempat remaja tersebut diamankan oleh warga di simpang empat Desa Banua Jingah. Penangkapan oleh warga terhadap keempat remaja tersebut cukup beralasan karena remaja tersebut dengan perilaku yang mencurigakan membawa potongan besi yang ditaruh didalam gerobak dan ditarik dengan satu sepeda motor Honda Scoopy jam 3 dini hari.

3840f95d-7776-47b4-9b78-f5c70da2608c

Usai mengamankan remaja tersebut, salah satu warga menceritakan kejadian tersebut kepada korban yang merupakan pemilik bengkel las yang ada di Desa Mandingin Kec. Barabai Kab. HST, untuk memastikan apakah ada besi milik korban yang hilang. Mendengar cerita dari warga tersebut, korban langsung mengecek gudang las sekaligus tempat penyimpanan besi miliknya.

Setelah dilakukan pengecekan ,ternyata besi-besi milik korban yang sebelumnya ditaruh didalam gudang telah hilang. Kemudian korban mendatangi ke tempat para pelaku diamankan untuk melihat barang berupa besi yang mereka angkut, setelah diamati dengan teliti, memang benar bahwa besi-besi yang ada didalam gerobak para pelaku merupakan besi milik korban.

Korban pun segera melaporkan keempat pelaku ke Polres HST terkait pencurian besi tersebut serta menuntut para pelaku untuk diproses sesuai dengan hukum yang berlaku. Atas kejadian pencurian tersebut korban mengalami kerugian sebesar Rp. 1.500.000,- (satu juta lima ratus ribu rupiah). Selanjutnya para pelaku beserta barang bukti dibawa petugas ke Polres HST untuk proses penyidikan lebih lanjut.

Terkait penangkapan kedua pelaku, Kapolres HST AKBP Sabana Atmojo, S.I.K., M.H. melalui Kasat Reskrim AKP Ismat Wahyudi mengatakan, “Peran serta masyarakat sangat penting untuk saling menjaga sitkamtibmas di wilayahnya masing – masing agar tetap kondusif. Lakukan tindakan pencegahan berupa ronda malam untuk mengantisipasi terjadinya tindak pidana serta meningkatkan kewaspadaan terhadap orang – orang asing ataupun yang mencurigakan” jelasnya.

Penulis    : Muhammad Husaini
Editor      : Alfian Nur
Publish    : Guntur Wahyudi

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password