Anggota Polsek Subah Cek Daerah Rawan Banjir di Daerah Trans SP 1 Sabung, Desa Sabung Kecamatan Subah

Tribratanews.polri.go.id. polda kalbar, polres sambas. Polsek Subah, intensitas curah hujan yang cukup tinggi dan hampir merata di Kabupaten Sambas maupun di Kabupaten Bengkayang dalam sebulan terakhir ini juga berimbas pada Kecamatan Subah. Salah satu daerah langganan banjir di Kecamatan Subah akibat curah hujan yang tinggi yaitu di daerah trans SP 1 Sabung, Dusun Sabung Setangga Desa Sabung Kecamatan Subah.

Sebagai tindak lanjut perintah pimpinan, sabtu (13/1/2017) pukul 15.00 wib Kanit Intelkam Polsek Subah bersama beberapa personil Polsek Subah mendatangi daerah trans SP 1 Sabung tersebut untuk mengecek situasi dan kondisi masyarakat yang bermukim di daerah itu.

Kanit Intelkam Polsek Subah, Bripka Sunarto mengatakan bahwa ketinggian air dijalan menuju daerah trans SP 1 Sabung ini berkisar antara 30 sampai 50 cm. Namun pada saat berada dilokasi pemukiman warga, ketinggian air sudah mencapai 70 sampai 90 cm yang terletak pada pemukiman blok K dan J, sehingga mengakibatkan sebanyak 35 rumah terendam air. Bripka Sunarto juga menjelaskan bahwa penyebab banjir di daerah trans SP 1 Sabung ini karena luapan sungai tebarau akibat air kiriman dari daerah lainnya.

Menyambung Bripka Sunarto, Bhabinkamtibmas Desa Sabung, Brigpol Paskalis Theodorus Boyke menambahkan bahwa pada saat ini belum ada satu pun warga trans SP 1 Sabung yang terendam air menggungsi ke tempat yang lebih tinggi. Dan sebagai Bhabinkamtibmas, Brigpol Paskalis Theodorus Boyke menghimbau kepada warga masyarakat di trans SP 1 Sabung ini, agar segera mengungsi ke lokasi yang lebih tinggi apabila air semakin meninggi, himbauan itu Brigpol Paskalis sampaikan agar masyarakat khususnya bagi anak-anak tidak ada yang terserang penyakit seperti diare atau penyakit kulit.

“Saya akan segera berkoordinasi dengan Kepala Desa Sabung untuk mengatasi apabila sewaktu-waktu ada warga trans SP 1 Sabung yang mengungsi, salah satunya bisa memanfaatkan Kantor Desa Sabung, mengingat kantor tersebut memiliki ruang pertemuan yang cukup luas, sehingga bisa menampung warga yang mengungsi, selain itu berdiri diatas lokasi dataran tinggi. Kemudian untuk evakuasi, saya akan sampaikan perkembangan situasi kepada Kapolsek Subah, Iptu Dede Hasanudin, SH, sehingga ada langkah-langkah kerja sama dengan satuan atas maupun instansi terkait dalam hal mengevakusi warga yang ada di trans SP 1 Sabung, Desa Sabung”. Ujar Brigpol Paskalis Theodorus Boyke

Penulis : Budi Prayitno
Editor : Alfian/Nanang.P
Publish : Ilmy PNC

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password