Eksekusi Lahan Diakhiri dengan Bersalaman

1

Tribratanews.polri.go.id – Polda Lampung/Polres Lampung Barat. Polisi jajaran Polres Lampung Barat sebanyak 125 personil dan di bantu dari TNI melakukan pengamanan Eksekusi tanah seluas 47.924 M2 dengan pihak Penggugat an. Ir Aria Resukia, Isna adianti, Anda mulya dan Anggun arifnur pada Kamis  11 Januari 2018 bertempat di Pekon Biha, Kecamatan Pesisir Selatan, Kabupaten Pesisir Barat.

WhatsApp Image 2018-01-11 at 15.25.22Walaupun dalam pengamanan eksekusi tersebut cuaca hujan Polisi terus lakukan pengamanan jalanya eksekusi tanah yang di lakukan oleh petugas Panitera Pengadilan Negeri Liwa M. Yamin dengan dasar putusan Pengadilan tinggi tanjung karang Nomor 67/Pdt/2016/PT.TK.03 Januari 2017 yang telah inkrach.

WhatsApp Image 2018-01-11 at 21.50.27Sebelum pelaksanaan pengamanan eksekusi sudah di lakukan tahapan tahapan melaksanakan mediasi di ruang Kapolsek pesisir selatan sampai pukul 11.30 wib dengan hasil masing masing pihak tetap mempertahankan alasan atas dasar tanah yang disengketakan tersebut.

Kapolres Lampung Barat AKBP Tri Suhartanto,S.Ik. ahirnya mengambil apel pengamanan menyarankan kepada anggota Polri Bertugas selaku Pelayan, Pengayom, dan Pelindung  Masyarakat bertugas melakukan pengamanan dan bersifat Netral dan tidak ada anggota yang melakukan pengaanan membawa senpi.

IMG_4744Selain itu kami sudah menyarankan kepada kedua pihak agar masalah ini sebaiknya diselesaikan secara Musyawarah mufakat dan apabila ada yang merasa dirugikan dalam keputusan Pengadilan Negeri yang inkrach ini sebaiknya menempuh jalur Hukum sesuai undang-undang dan peraturan yang berlaku/prosedur terkait sengketa lahan tersebut,”Terang Kapolres.

IMG_4736Pada Pukul 11.45 Wib Panitera Beserta Kepolisian menuju lokasi Eksekusi yang sudah dijaga oleh Sat Pol PP Pesisir Barata dan telah mendirikan tenda yang berada pada lokasi tanah yang akan dilaksanakan eksekusi. Selanjutnya pukul 12.15 wib  Panitera PN Liwa M Yamin membacakan Amar Putusan kemudian bersama Polres Lambar menuju plang Pemkab Pesibar untuk dilakukan pencabutan Plang tersebut, namun dihalangi oleh Sat Pol PP pemkab Pesibar.

terjadi aksi dorong mendorong yang tidak dapat dielakan lagi antara Satpol PP dan petugas Pengaman alhamdulilah dalam pengamanan dapat dilaksanakan dan di akhiri dengan bersalam salaman,” jelas Kapolres.

Penulis         : Edi Susanto/Polres Lampung Barat

Editor           : Alfian Nurnas

Publish         : Edi S

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password