Tanah Longsor Tutup Akses Jalan Dua Kecamatan di Trenggalek

2

Tribratanews.polri.go.id – Polda Jatim – Polres Trenggalek, Sebuah tebing dengan tinggi 5 meter ambrol di jalan raya Suruh-Pule tepatnya masuk Desa Gamping Kecamatan Suruh. Longsor tersebut menutup separuh badan jalan yang merupakan akses antar kecamatan tersebut. Akibatnya, jalan tidak dapat dilintasi kendaraan roda 4 atau lebih. Sedangkan roda dua masih diperkenankan melewati namun harus lebih berhati-hati mengingat lumpur yang bercampur air membuat jalan menjadi licin. Longsor itu sendiri terjadi kemarin malam sekitar pukul 20.30 WIB, (10/01).

Mendapati laporan tersebut, jajaran Satlantas Polres Trenggalek dipimpin oleh Kanitpatroli Ipda Zainudin, SH berikut beberapa anggotanya segera meluncur ke lokasi. Bersama aparat TNI dan masyarakat sekitar membersihkan material longsor agar bisa dilewati masyarakat sementara waktu sambil menunggu alat berat, Kamis (11/01).

“Alat berat sudah didatangkan, dan targetnya hari ini sudah bisa dilalui, mengingat jalan ini adalah akses utama antar kecamatan” jelas Ipda Zainudin.

Usai dibersihkan menggunakan alat berat, bukan berarti pekerjaan sudah selesai. Sisa material tanah dan kerikil masih berserakan di jalan. Polisi bersama TNI dan masyarakat pun kembali membersihkan area tersebut dengan menggunakan alat seadanya.

“Kalau tidak dibersihkan, jalan menjadi licin dan bisa membahayakan pengendara” imbuhnya.

Dengan kerjasama yang baik, pekerjaan pun menjadi lebih cepat. Tak membutuhkan waktu lama, akses jalan sudah bisa digunakan kembali. Meskipun demikian, Ipda Zainudin berpesan agar pengendara lebih waspada dan berhati-hati khususnya saat hujan deras.

Sementara itu, Kasatlantas Polres Trenggalek AKP Ricky Tri Dharma, S.H., S.I.K. menyampaikan apresiasi kepada jajaran unit patroli atas kesigapannya turun tangan membantu membersihkan tanah longsor di Desa Gamping. Sesuai dengan arahan Kapolres Trenggalek AKBP Didit Bambang Wiboso S, S.I.K., M.H. anggota harus proaktif dan peduli dengan lingkungan sekitar terutama terkait dengan penanganan bencana alam.

“Polisi harus hadir di tengah masyarakat, cepat dan tepat mengambil tindakan. Apalagi jalan tersebut merupakan jalur utama penghubung antar kecamatan” ucap AKP Ricky.

Penulis : Ady / Polres Trenggalek Jatim
Editor : Alfian Nurnas
Publish : Handoko / Polres Trenggalek Jatim

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password