Roh dari Amal Kebaikan adalah Ikhlas

WhatsApp Image 2018-01-09 at 23.20.12

Tribratanews.polri.go.id, Polres Balangan – Rutinitas warga masyarakat Balangan tidak lepas dari kegiatan keagamaan, khususnya setiap hari selasa di Majelis Ta’lim Nurul Muhibbin Desa Mampari Kecamatan Batumandi Kabupaten Balangan diakan kegiatan pengajian oleh para Alim Ulama Balangan, selasa(10/01)

Maka dari itu salah satu tugas Polri sebagai pengemban di Bidang pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat, menerjunkan puluhan personel Polisi Balangan dibantu personel Polsek Batumandi, Sat Pol PP Balangan, Dishub Balangan, dan Banser GP Ansor dikerahkan untuk mengamankan jalannya majelis taqlim tersebut.

Dibawah kendali Kapolsek Batumandi Iptu Rudianto, kegiatan yang dimulai sejak pukul 18.00 hingga 21.50 Wita ini dapat berlangsung kondusif.

WhatsApp Image 2018-01-09 at 17.29.27

Isi ceramah kali ini mengambil tema Roh dari AMal Kebaikan adalah Ikhlas, disampaikan bahwa amal kebaikan itu seperti batang tubuh, sedangkan ruh dari amal itu kebaikan tadi yaitu rahasia ikhlas.

Mengapa ikhlas disebut rahasia karena hanya diketahui oleh Allah SWT.

Ikhlas merupakan suatu kewajiban /fardhu a’in, untuk itu setiap amal kebaikan harus disertai keikhlasan, Sabda Rasulullah, Allah berfirman : Allah SWT itu Esa tidak bisa disekutukan dengan apapun, begitu pula dengan amal kebaikan jika bercampur karena Allah ada, karena yang lain ada, Maka akan Allah tinggalkan.

Ada tingkatan Ikhlas diantaranya adalah Ikhlas orang awam : dia keluarkan makhluk untuk beramal (dia beramal semata – mata karena Allah) disertai dengan tujuan yang diharapkan dunia dan akhirat.

Ikhlas orang yang hawas : Dia beramal karena Allah dan mengharap mendapat ma’rifat. (yang diharap hanya imbalan akhirat, sama sekali tidak mengharap dunia).

Ikhlas tingkatan yang paling tinggi : Dia beramal semata – mata karena Allah dan hanya mengharap keridhaan Allah SWT, sama sekali tidak mengharap ganjaran apapun. (Ganjarannya paling tinggi).

Ulama mengatakan, ikhlas akan sulit didapat kalau kita masih memandang makhluk Allah SWT mempunyai kekuatan.

Kunci Ikhlas yaitu
– Harus kuat ber Tauhid
– Rasulullah mengajarkan kpd Abu bakar utk menghilangkan riya dalam hati
Baca Allahumma innii auu’zubika, an usyrika bika, wa ana a’lam, wa astagfiruka limaalaa a’lam. (Baca setelah sholat)

Dihadapan jemaah yang hadir sekitar 5.000 orang yang datang dari berbagai wilayah luar kabupaten maupun provinsi, personel siap memberikan pelayanan pengamanan kegiatan pengamanan selama kegiatan tersebut.

Kapolres Balangan AKBP Moh. Zamroni S. iK melalui Kapolsek Batumandi Iptu Rudianto membenarkan kegiatan personelnya tersebut.

“Selama pelaksanaan kegiatan dapat berjalan dengan aman, lancar dan kondusif. Serta disamping mengamankan kegiatan, personel juga mendapatkan tambahan ilmu keagamaan untuk mempertebal keimanan,” Pungkas Iptu Rudianto saat di konfirmasi Humas Polres Balangan.

Penulis : Iwan41
Editor   : Alfian
Publish : Lois Adi

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password