Tim Gabungan Satgas Pangan Balangan Sidak Pasar

Tribratanews.polri.go.id, Polres Balangan – Mengawali tahun 2018, Polres Balangan dan Tim terpadu satgas Pangan langsung bergerak melakukan sidak di beberapa lokasi distribusi sembako, Kamis (11/1/2018).

Tim yang dipimpin Kasat Reskrim Polres Balangan AKP Dany Sulistiono, S.Sos, M.M didampingi oleh Kasat Binmas, Kepala Disperindag, Kepala Dinas Pertanian, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Rahmadi, S.H dan ketua Kominda.

Kegiatan ini untuk memantau kebutuhan bahan pokok seperti Beras, Bumbu Dapur dan Daging.

Harga Beras premium per karung 25 Kg mengalami kenaikan namun masih dalam ambang fajar dari harga 270 ribu menjadi 290 ribu/ Karung, harga ini masih di bawah HET yaitu 13 Ribu/Kg. Sedangkan harga daging tidak mengalami kenaikan yaitu 115 ribu/Kg.

Dalam kegiatan Sidak ini juga dilakukan uji sample sayuran yang diduga mengandung pestisida yaitu Bayam, Sawi, Tomat, Pare, Cabe Rawit dan Cabe merah dan hijau.

Kapolres Balangan AKBP Moh. Zamroni, S.iK melalui Kasat Reskrim AKP Dany Sulistiono, S.Sos, M.M mengungkapkan bahwa kegiatan kali ini untuk menentukan langkah awal tim terpadu untuk menentukan kebijakan pemerintah daerah dalam menstabilkan harga pangan.

“Semua Bahan Pangan relatif Stabil, sedangkan hasil tes kandungan pestisida yang dilakukan, hanya sayur Tomat yang mengandung pestisida dan tidak layak untuk dikonsumsi,” Terangnya.

“Untuk sayuran yang mengandung pestisida sudah dilakukan koordinasi degan dinas Pertanian yang nantinya akan lebih intensif memberikan penyuluhan melalui PPL pertanian di lapangan. Sehingga petani bisa lebih selektif dalam penggunaan obat pertanian,” tambah Kasat Reskrim saat dikonfirmasi Humas Polres Balangan.

Penulis : Lois Adi
Editor   : Alfian
Publish : Lois Adi

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password