Meminimalisir Pelanggaran Lalu Lintas,Polres Malang Kota Pasang CCTV

Tribratanews.polri.go.id- Polda Jatim, Ratusan unit CCTV bakal dipasang di jalanan Kota Malang dan akan terhubung dengan Satlantas Polres Malang Kota. Hal itu merupakan hasil kerja sama Polres Malang Kota dengan Pemkot Malang untuk memantau aktivitas di jalan.

Kasat Lantas Polres Malang Kota AKP Ady Nugroho, mengatakan, ratusan unit CCTV tersebut ditargetkan terpasang pada pertengahan 2018.

“Desember kemarin sudah kami ajukan dan sudah disetujui,” katanya, Kamis (11/1/2018).

CCTV akan memantau jalanan di Kota Malang. Hal itu, menurut Ady sangat membantu petugas untuk mengantisipasi kemacetan. Selain itu juga untuk mengantisipasi terjadinya tabrak lari. Tahun lalu, sejumlah kasus tabrak lari terjadi di jalanan Kota Malang.

CCTV akan dipasang di titik rawan, jalan besar dan kawasan tertib lalu lintas. Kualitas gambar pada CCTV juga disebut sangat baik sehingga bisa mendeteksi tanda nomor kendaraan bermotor.

Polisi atau petugas lainnya akan mudah mendapatkan data jika sewaktu-waktu dibutuhkan.

“Nanti bisa dilihat pihak Pemkot Malang dan Makota Command Center. CCTV itu punya resolusi tinggi jadi bisa memudahkan memantau aktivitas di jalan,” lanjutnya.

Ke depannya, CCTV itu juga akan difungsukan untuk tilang online seperti yang sudah dilakukan di Surabaya. Namun hal tersebut belum bisa diwujudkan dalam waktu dekat. Perlu waktu untuk mematangkan dan mengkajinya lebih dalam.

“Sementara fokus kemacetan dan olah TKP kecelakaan, ke depan memang direncanakan begitu,” tegasnya. 

Penulis : Ice / hms jtm
Editor : Alfian Nur
Publish : Ice

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password