Kompak, Sinergi Dua Matra Evakuasi Pohon Sapuan Angin Puting Beliung

WhatsApp Image 2018-01-10 at 18.19.37

Tribratanews.polri.go.id – Polda Jatim – Polres Banyuwangi – Sinergi personil Polres Banyuwangi dan Kodim 0825 Banyuwangi mengevakuasi pohon tumbang di Jalan Mawar, tepatnya di depan Kantor PMI Banyuwangi, Rabu (10/1).

Tiga pohon angsana yang tumbuh di sepanjang jalan tersebut roboh tersapu angin puting beliung pada sore hari tadi. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut, namun kerugian materiil berupa rusaknya lampu penerangan jalan dan tiang listrik yang ambruk mengakibatkan aliran listrik di wilayah tersebut padam.

Tak sampai disitu, pohon tumbang akibat hembusan angin puting beliung pada pukul 15.15 Wib tadi mengakibatkan arus lalu lintas menuju Pelabuhan Ketapang mengalami kemacetan.

Menggunakan gergaji mesin, parang dan kampak batang pohon yang melintang di jalan itu dipotong. Secara bersama-sama korp seragam coklat dan loreng hijau tersebut mengangkat potongan batang pohon dan meminggirkannya. Dibantu oleh warga, proses evakuasi berjalan dengan cepat.

WhatsApp Image 2018-01-10 at 18.19.27

Polisi dari Sat Lantas Polres Banyuwangi juga turun ke jalan. Ikut andil, para polisi sabuk putih tersebut mengatur lalu lintas. Sistem buka tutup jalan diterapkan guna mengurai kemacetan. Hasilnya, arus kendaraan dari dan menuju Pelabuhan Ketapang dapat berjalan dengan lancar.

Kekompakan para petugas keamanan itu mendapat pujian dari pengguna jalan. Pasalnya, kolaborasi beda matra tersebut dapat mempercepat proses evakuasi ditambah sigapnya Sat Lantas Polres Banyuwangi mengatur lalu lintas sehingga dapat berjalan normal dan para pengguna jalanpun dapat segera melanjutkan perjalanannya kembali.

“Saat ini sudah dilakukan evakuasi oleh personil gabungan TNI, Polri, BPBD dan dibantu warga namun aliran listrik padam selama beberapa jam akibat sapuan angin puting beliung yang merobohkan tiang listrik”, ungkap Kapolres Banyuwangi AKBP Donny Adityawarman, S.I.K., M.Si.

“Saat kejadian para warga berada di dalam rumah dan arus lalu lintas relatif sepi, lalu tiba-tiba ada angin kencang dan gemuruh angin. Para warga yang berada di dalam rumah berhamburan keluar untuk menyelamatkan diri sementara pengguna jalan berhenti”, imbuhnya.

Senada dengan hal tersebut, Komandan Kodim 0825 Banyuwangi Letkol (Inf) Ruly Nuryanto mengatakan perapihan dan pembersihan pohon yang roboh sudah dilakukan serta akses jalan sudah kembali normal, berikutnya akan diserahkan ke Pemerintah Kabupaten Banyuwangi untuk proses pembenahan lebih lanjut.

Penulis   : Rossy Oktavia – Humas Polres Banyuwangi

Editor     : Alfian Nurnas

Publish   : Rossy Oktavia

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password