Satgas Saber Pungli UPP DIY Tahun 2017 Ungkap 23 Kasus dengan 33 Tersangka

tribratanews.polri.go.id -PoldaDIY, Inspektur Pengawasan Daerah (Irwasda) Polda D.I.Yogyakarta Kombes Pol. Drs. Budi Yuwono, M.H., memimpin pelaksanaan Analisa dan Evaluasi terkait Pelaksanaan Tugas Satgas Saber Pungli UPP (Unit Pelaksana Proyek) DIY dan Jajaran pada tahun 2017. Acara yang digelar di Aula Dit Pam Obvit Polda DIY, Selasa (9/1/2018). Turut dihadiri antara lain Dir Reskrimum Kombes Pol. Dr. Hadi Utomo, S.H., M.Hum., Dir Binmas Kombes Pol. Rudi Heru Susanto, S.H., M.H., Kabid Propam AKBP FX. Endriadi, S.I.K., serta Jajaran Pengemban Fungsi Pengawasan Masing masing Polres/ta se DIY.

Hasil evaluasi Satgas Saber Pungli UPP DIY dan sejajaran pada tahun 2017 yakni berhasil melakukan Operasi Tangkap Tangan (OTT) sebanyak 23 kasus dengan menangkap 33 tersangka. 23 kasus tersebut terdiri dari UPP DIY 4 kasus dengan jumlah tersangka 4 orang. UPP Kota Yogyakarta sebanyak 12 kasus dengan 20 orang tersangka. Gunungkidul dengan 4 kasus dengan tersangka 6 orang. Bantul, Sleman, Kulonprogo masing masing 1 kasus dengan 1 tersangka. Dan rata rata didominasi dengan Pungli Parkir Liar.

Direktur Reserse Kriminal Umum (Dir Reskrimum) Kombes Pol. Dr. Hadi Utomo, S.H., M.Hum mengatakan bahwa tahun ini (2018) Ada 3 Renaksi (Rencana Aksi) yang akan dilaksanakan. Antara lain kerjasama (koordinasi), Penyelidikan dan penindakan. “Didalam saber pungli ini, satgas penindakan menerima (kasus) manakala ada penangkapan, penyelidikan atau OTT (Operasi Tangkap Tangan),” jelasnya.

Seperti kita ketahui bersama Satgas Bentukan Presiden RI yang melibatkan unsur unsur terkait seperti Pemerintah Daerah, Kepolisian, dan Kejaksaan, ini berkomitmen menghapus praktek Pungutan Liar (Pungli) yang terjadi di masyarakat. Serta disamping itu juga melaksanakan Pemetaan dan Pengawasan pada Kantor Pelayanan Publik yang rawan terhadap praktek Pungli.

penulis : Dhenyy
editor : Alfian
Publish : Jay

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password