Salut, Srikandi Polres Bone Ini Gotong Warga Sakit ke Puskesmas

Tribratanews.polri.go.id – Polda Sulsel, Salah satu akhlak yang baik dalam Islam adalah tolong menolong. Banyak orang pada zaman sekarang ini yang sudah mementingkan diri sendiri tanpa perduli kepada orang lain. Masalah ini menjadi hal biasa dikota-kota besar karena kesibukan masing-masing orang.

Oleh karena itu melalui program unggulan Kapolres Bone Akbp Muhammad Kadarislam Kasim yaitu Polisi Peduli ingin dibangun kembali budaya ini (Tolong menolong) agar masyarakat merasakan keberadaan Polisi sebagai bagian dari masyarakat.

Seperti yang diperlihatkan, para Polwan Polres Bone bersama Kepala Desa Lanca A. Rahmatang mengunjungi janda 3 anak yang tinggal disebuah gubuk berukuran 4 x 5 meter dengan kondisi yang sangat memprihatinkan dan tidak layak huni, Selasa (9/1/2018).

Rumah yang ditempati seakan tidak terurus lagi lantaran kondisi nenek yang tidak mampu lagi melakukan aktivitas apapun. Bertempat di Desa Lanca, Kecamatan Tellu Siattinge, Kabupaten Bone, bernama Intan Binti Yali (70).

Keseharian Nenek hanya tinggal bersama anaknya bernama Nami yang menderita luka cacat pada kaki dan tidak bisa mengobati sakitnya dikarenakan himpitan ekonomi. Dengan inisiatif para srikandi ini, akhirnya Nami di gotong menuju Puskesmas untuk mendapatkan perawatan medis.

Polwan senior Polres Bone Akp Zulaeni R. Tampilang mengatakan kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian terhadap warga yang membutuhkan uluran tangan.

“Alhamdulillah, dengan menyisihkan sedikit rezeki, kami (polwan) memberikan bantuan berupa sembako kepada warga yang kurang mampu. Setidaknya dapat meringankan beban hidup nenek Intan dan juga anaknya,” kata Akp Zulaeni yang saat ini menjabat sebagai Kapolsek Patimpeng.

Dalam Islam sangat dianjurkan untuk saling tolong-menolong sesama muslim, tetapi dalam hal ini juga harus tolong menolong dalam kebaikan bukan dalam hal yang dilarang dalam Islam.

Allah SWT berfirman, “Dan tolong-menolong kamu dalam (mengerjakan) kebajikan dan takwa, dan jangan tolong menolong dalam berbuat dosa dan pelanggaran. Dan bertakwalah kamu kepada Allah, sesungguhnya Allah amat berat siksaan-Nya.” (Al-Maidah : 2).

Dari Abu Musa RA, dari Rasulullah SAW bersabda, “Sesungguhnya seorang mukmin terhadap mukmin yang lain seperti bangunan yang saling menguatkan satu sama lain.” Kemudian Rasulullah SAW mempertemukan jari-jari kedua tangannya. (HR. al-Bukhari no.481 dan Muslim no. 2585).

Terdapat keuatamaan tersediri bagi orang yang suka menolong atau bersimpati kesesama muslim.

Dari Abu Hurairah RA ia berkata, Rasulullah SAW bersabda, “Siapa yang menolong kesulitan seorang mukmin dari kesulitan dunia, maka Allah akan menolongnya dari kesulitan hari kiamat. Siapa yang memberi kemudahan terhadap orang yang kesusuhan, maka Allah akan memudahkannya di dunia dan akhirat. Siapa menutup aib seorang muslim, maka Allah akan menutub aibnya di dunia dan akhirat. Allah pasti menolong seorang hamba, selama dia mau menolong saudaranya.” (HR. Muslim no 2699).

Ingatlah setiap kebaikan yang dilakukan oleh setiap muslim akan mendapat pahala dari Allah SWT dan jika ada orang yang mencontohnya baginya juga pahala yang mencontohnya itu tanpa mengurangi pahala orang yang mencontohnya.

Dari Jabir bin Abdulllah RA ia berkata, Rasulullah SAW bersabda, “Siapa yang membuat kebiasaan baik dalam Islam, maka baginya pahala hal tersebut dan pahala orang yang melakukan setelahnya, tanpa terkurangi sedikit pun pahala mereka. Dan siapa yang membuat kebiasaan jelek dalam Islam, maka baginya dosa hal tersebut dan dosa orang yang melakukan setelahnya, tanpa terkurangi sedikit pun dari dosa-dosa mereka. (HR. Muslim no. 1017)

Penulis : Sumarwan
Editor : Alfian

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password