Polisi dan Pemerintah Kecamatan Mediasi Perselisihan Warga Duasudara Bitung dengan Pihak Perusahaan MSM/TTN

Tribratanews.polri.go.id, Polda Sulut – Puluhan warga Kelurahan Duasudara Kecamatan Ranowulu Kota Bitung lakukan aksi penutupan jalan yang mengakibatkan aktifitas sejumlah kendaraan operasional milik PT. Meares Soputan Mining (MSM) dan PT. Tambang Tondano Nusajaya (TTN) yang hendak melewati ruas jalan kelurahan tersebut terhenti beberapa saat, Senin (8/1/2018).

Aksi warga tersebut merupakan bentuk protes terhadap janji-janji pihak perusahaan untuk mensejahterakan warga kelurahan Duasudara yang sampai dengan saat ini belum terpenuhi salah satunya yaitu menjadikan kelurahan Duasudara menjadi wilayah atau kelurahan binaan lingkar tambang serta beberapa tuntutan mereka yang lain.

Aksi tersebut selanjutnya berakhir dengan kondusif setelah Polsek Ranowulu Res Bitung yang dipimpin oleh Kapolsek AKP Steven Mandey bersama Camat Ranowulu dan Lurah Duasudara membantu proses penyelesaian masalah antara kedua belah pihak dengan mempertemukan warga dan pihak perusahaan yang pada kesempatan tersebut juga dihadiri oleh unsur pengamanan perusahaan.

“Warga akhirnya membubarkan diri dengan tertib serta kendraan operasional perusahaan kembali beroperasi dengan lancar,” ujar Kapolsek.

Adapun hasil dalam pertemuan tersebut yaitu perusahaan akan memberitahukan setiap perkembangannya dan bersedia berkoordinasi dengan warga setiap bulan dalam kurun waktu 3 bulan, serta akan dibentuk tim yang melibatkan tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda dan LPM Kelurahan Duasudara untuk mengawal proses pembentukan kelurahan binaan lingkar tambang tersebut.

Penulis: Humas Polres Bitung
Editor: Alfian
Publish: Supri

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password