Tingkatkan Kemampuan, 35 Perawat RS Bhayangkara Denpasar Dilatih Phlebotomy

Tribratanews.polri.go.id –Polda Bali – Seiring berkembangan pengetahuan dan teknologi kesehatan, sarana kesehatan di laboratorium juga ikut berkembang dengan pesat sehingga harus didukung oleh faktor keterampilan petugas laboratorium dan tenaga keperawatan. Perkembangan itu tidak terlepas dari meningkatnya kebutuhan masyarakat terhadap pelayanan kesehatan.

Laboratorium harus memiliki prosedur yang jelas dalam teknik pengambilan darah, mulai dari persiapan alat dan pengambilan darah yang tepat. Untuk meningkatkan keterampilan dalam pengambilan darah pada pasien maka diperlukan pelatihan bagi petugas kesehatan terkait.

Menyikapi hal itu, sebanyak 35 perawat mengikuti pelatihan phlebotomy dan pengendalian mutu pra-analitik di Rumah Sakit Bhayangkara Polda Bali, Senin (8/1/2018). Pelatihan ini dibuka oleh Karumkit Bhayangkara Denpasar AKBP dr. I Gusti Agung Ayu Diah Yamini Darsika, Sp.THT-KL didampingi narasumber dr. Aan Riswandi. Bahkan untuk mendapatkan hasil pelatihan yang maksimal, pihak RS Bhayangkara bekerjasama dengan Laboratorium Prodia di Jalan Diponegoro, Denpasar.

Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk melatih perawat tentang persiapan (pra-analitik), tindakan (analitik), dan tindakan dilakukan (post analitik) yang lebih jelas dan tepat sesuai standar yang telah ditetapkan. Apabila petugas sudah mahir dan terampil melaksanakan phlebotomy maka angka kegagalan dalam pengambilan darah pada pasien dapat diturunkan.

“Melalui kegiatan ini diharapkan dapat memberikan pengetahuan dan mendorong seluruh perawat untuk mengetahui serta melakukan tindakan phlebotomy yang baik dan benar sesuai dengan spesimen dan wadah yang tepat untuk jenis pemeriksaan yang diinginkan,” kata AKBP dr. I Gusti Agung Ayu Diah Yamini Darsika, Sp.THT-KL, Selasa (9/1).

Penulis  : I Ketut Bina Wartawan

Editor    : Swanjaya

Publish  : I Putu Suwardhana.M

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password