Kapolda Bali Terima Kunjungan Ketua Panitia Pengukuhan KRI Gusti Ngurah Rai-332

Tribratanews.polri.go.id – Polda Bali, Kapolda Bali Irjen Pol. Dr. Petrus Reinhard Golose menerima kunjungan Ketua Panitia Pengukuhan KRI Gusti Ngurah Rai-332, Kolonel Laut (P) Rudhi Aviantara di Ruang Tamu Kapolda Bali, Senin (8/1/2018). Pertemuan singkat itu membahas tentang rencana tradisi pengukuhan nama KRI I Gusti Ngurah Rai dan penyematan brevet kehormatan hiu kencana yang akan dilaksanakan di Dermaga Tanjung Benoa pada Rabu tanggal 10 Januari 2018.

Kolonel Laut (P) Rudhi Aviantara menjelaskan latar belakang pembuatan kapal perang tersebut. Dijelaskannya, KRI I Gusti Ngurah Rai-332 adalah hasil karya anak bangsa yang dibangun di galangan kapal dalam negeri PT. PAL Indonesia bekerjasama dengan perusahaan kapal Belanda Damen Schiede Naval Ship Building (DSNS). Pengadaan kapal perang ini merupakan proyek kedua setelah KRI R.E Martadinata-331oleh Kementerian Pertahanan Republik Indonesia.

Dari hasil kerja sama ini, tentunya harus dapat diiringi dengan adanya proses transfer of Technology (ToT) sehingga bangsa Indonesia benar-benar mampu membuat kapal perang secara mandiri. Hal ini merupakan tantangan untuk menjawab dan menyikapi berbagai ancaman yang terjadi dalam perkembangan lingkungan strategis negara saat ini.

Terkait dengan pemberian nama pada kapal perang Republik Indonesia, khususnya yang tergabung dalam Satuan Kapal Eskorta diambil dari nama-nama pahlawan nasional. Pemberian makna tersebut memiliki makna serta nilai historis bagi bangsa Indonesia.

Disamping itu merupakan suatu tradisi di jajaran TNI Angkatan Laut (AL) bahwa setelah kapal perang diresmikan dan masuk dalam jajaran TNI AL kemudian akan dilaksanakan tradisi pengukuhan nama KRI di tempat atau daerah dimana nama pahlawan nasional tersebut berasal.

Kegiatan tradisi pengukuhan nama KRI I Gusti Ngurah Rai-332 direncanakan akan dilaksanakan di Dermaga Tanjung Benoa Bali, mengingat I Gusti Ngurah Rai adalah pahlawan Bali yang terkenal dengan perjuangan Perang Puputan Margarana.

Makna filosofis dari kegiatan pengukuhan ini yaitu untuk memohon doa dan restu serta memperkenalkan kepada masyarakat tentang keberadaan KRI I Gusti Ngurah Rai-332 yang secara resmi telah masuk dalam jajaran Kapal Perang Republik Indonesia. “Pengukuhan nama KRI I Gusti Ngurah Rai dan penyematan brevet kehormatan hiu kencana akan dihadiri Panglima TNI dan Kapolri,” kata Kolonel Laut (P) Rudhi Aviantara.

Menanggapi hal itu, Irjen Pol. Dr. Petrus Reinhard Golose mengucapkan selamat kepada jajaran TNI AL karena sudah memiliki kapal perang baru. Dengan adanya KRI I Gusti Ngurah Rai-332, diharapkan jajaran TNI AL akan lebih kuat dan maksimal dalam mempertahankan dan menjaga keutuhan NKRI.

Turut hadir dalam pertemuan itu diantaranya Dirpolair Polda Bali Kombes Pol. Ir. Sukandar, M.M., Dirlantas Polda Bali Kombes Pol. Anak Agung Made Sudana, S.H., S.I.K., Kabid Propam Polda Bali Kombes Pol. Beny Arjanto, S.I.K., Ketua Penyematan Brevet Hiu Kencana Kolonel Laut (P) Kolonel Iwa Kartiwa, Danlanal Denpasar Lantamal V Kolonel Laut (P) I Gusti Bagus Oka Tapayasa dan Komandan KRI I Gusti Ngurah Rai-332, Kolonel Laut (P) Endra Hartono.

Penulis : Bina Wartawan

Editor   : Sarjana

Publish : Windyasa

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password