Pengamanan Pilkada Gubsu 2018 : Ini Arahan Kapolda Sumut kepada Anggotanya di Kantor KPU Sumut

Tribratanews.polri.go.id – Polda Sumut, Kapolda Sumut Irjen Pol. Drs Paulus Waterpauw di dampingi Dir Pam Obvit Polda Sumut dan Dir Binmas Polda Sumut kunjungi Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sumut, Senin (08/01/2017) Pukul 07:45 Wib di Lapangan Kantor KPU Provsu Jl.Printis Kemerdekaan, Medan. Kapolda Sumut memantau langsung pengamanan proses pendaftaran Calon Gubernur/Wakil Gubernur Sumut pada Pilgubsu 2018 yang dibuka mulai 8-10 Januari 2018.

Sementara itu Kapolda Sumut dalam arahannya mengingatkan kepada para perwira lapangan dan anggota tetap waspada dan monitor terhadap situasi terkini masyarakat, pergerakan massa dan setiap potensi kerawanan.

“Tanamkan semangat dan loyalitas dalam melakukan tugas dan tanggung jawab masing-masing dalam kegiatan pengamanan Pemilukada 2018. Setiap personel harus mengerti dan dapat melaksanakan perannya masing-masing dalam kegiatan pengamanan Pemilukada 2018,” pesan Kapolda Sumut.

WhatsApp Image 2018-01-08 at 08.47.38

Kapolda juga menekankan agar segala sarana dan prasarana pengamanan yang dipergunakan sudah memadai, seperti megaphone atau pengeras suara untuk Ka Pam Objek selaku pengendali situasi pengamanan.

“Kasatlantas agar segera lakukan koordinasi dengan Dir Lantas terkait upaya-upaya dalam rangka mengantisipasi kemacetan.  Kaopsda dan Wakaopsda agar memastikan segala kelengkapan administrasi operasional Ops Mantap Praja Toba 2018,” pesan Kapolda Sumut kepada para perwiranya.

Dalam arahannya tersebut, Kapolda Sumut meminta anggota untuk memahami objek-objek pengamanan dan kantor-kantor Parpol yang ada di Wilkum Polrestabes Medan, untuk dilakukan monitoring dan pengamanan.

Kapolda juga memerintahkan agar Para perwira harus menggunakan HT untuk memudahkan koordinasi kegiatan pengamanan Pemilukada 2018.

“Operator HT agar ditunjuk  seorang perwira yang mempunyai integritas tinggi dan dapat melakukan pengendalian terhadap personel di lapangan,” tegasnya.

Terpantau, Pasukan Pengamanan telah menempati pos-pos pengamanan di sekitar Kantor KPU dan jalur yang akan dilalui oleh Paslon Gubernur dan Wakil Gubernur, beserta Partai Politik Pengusung dan Tim Pemenangan.

Polda Sumut dan jajaran Polrestabes Medan sendiri telah menyiapkan 1 SST (31 orang personel) Sat Brimobda Sumut, 155 orang personel gabungan Polrestabes Medan, Sat Sabhara Polrestabes Medan, dan Polsek Jajaran Polrestabes Medan serta 20 Personil Satlantas Polrestabes Medan. Ditambah personil yang berpakaian preman yang akan mengamankan pelaksanaan proses pendaftaran Calon Gubernur/Wakil Gubernur Sumut di kantor KPU Sumut tersebut agar berjalan dengan lancar dan aman.

Sementara untuk antisipasi kemacetan saat pendaftaran Cagub dan Cawagub Provinsi Sumut, Kasat Lantas Polrestabes Medan AKBP Muhammad Saleh SIK, MM terjun langsung laksanakan pengaturan lalu lintas di depan kantor KPU Provinsi Sumut jl.Printis Kemerdekaan.
Kasat Lantas Polrestabes Medan turun langsung ke jalan untuk memastikan arus lalu lintas di sekitar KPU Sumut saat pendaftaran calon Gubernur dan Calon Wakil Gubernur tetap berjalan lancar.

“Kemungkinan nanti akan ada kepadatan terjadi karena adanya massa pendukung dari pasangan calon Gubernur Sumut yang akan ikut, tetapi kita Sat lantas Polrestabes Medan sudah menurunkan anggota untuk stand by di titik titik yang di prediksi akan terkena dampak kemacetan untuk bertugas dan antisipasi terlebih dahulu kemacetan arus lalu lintas saat pelaksanaan” ucap AKBP Saleh.
Penulis : Rico

Editor : Alfian

Publis : Rico

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password